jejak tulisan si kaki kecil

Cara Membuat Tabel HTML yang Bagus di Blog Tanpa Ribet!

Konten [Tampil]
Cara Membuat Tabel HTML yang Bagus di Blog Tanpa Ribet!

Hai, kawan si Kici!

Pernah nggak si penasaran gimana cara membuat tabel HTML yang bagus? Buatku yang nggak punya basic IT tentu ini tuh jadi tantangan tersendiri. Gimana membuat tabel cantik untuk diletakkan di blog.

Sebelumnya si, aku cuma bikin tabel di excel dan mengcopasnya ke blog. Sayang tampilannya tuh nggak sesuai dengan apa yang diharapkan. Warna yang ada yang berubah, ukurannya semakin lebar. Dahlah jadinya nggak cantik untuk dilihat menurutku.

Hal-hal yang Membuat Tulisan di Blog Menarik Dibaca

Mengikuti kelas dan grup yang berdiskusi tentang blog, membuatku belajar banyak hal. Salah satunya ya gimana si tulisan menarik untuk dibaca dari segi tampilannya. Kan kalau cuma tulisan aja penuh tanpa dikasih apapun bisa membuat orang jadi malas untuk membaca. Belum lagi jumlah baris di satu paragraf yang banyak, duh bikin mata lelah untuk membacanya.

Ketika kita menulis di blog, kita tak hanya sekedar memposisikan diri sebagai seorang blogger tetapi juga sebagai orang pembaca. Apa si yang ingin diketahui pembaca? Apa yang membuat pembaca nyaman membaca tulisan kita? Dan pertanyaan-pertanyaan lain yang membuat kita lebih memahami pembaca yang datang berkunjung ke blog.

Menurutku, ada tiga hal yang bisa membuat tulisan lebih menarik untuk dibaca. Apa aja ya kira-kira?

1. Gambar yang Menarik

Siapa si yang nggak suka melihat gambar yang menarik? Apalagi jika menambah tampilan artikel semakin asyik untuk dibaca. Jumlah gambar dan jumlah kata yang ada di artikel harus kita sesuaikan agar pembaca tak bosan hanya melihat tulisan saja.

Idealnya si terdapat 3-4 gambar untuk artikel dengan 800 kata. Bisa lebih, apalagi jika mereview sesuatu agar kita bisa membangun imajinasi sang pembaca.

2. Tabel dengan Warna Senada

Tabel juga bisa menjadikan tampilan sebuah artikel di blog semakin menarik. Beberapa kali aku melihat tabel di blog yang membahas tentang sesuatu untuk membandingkan satu produk dengan produk lain. Jadi kita hanya perlu membandingkan melalui tabel tersebut dan membaca penjelasan lengkapnya yang ada di artikel untuk produk yang menarik.

Sayangnya membuat tabel di blog tuh perlu memahami cara membuat tabel html berwarna. Kalau enggak bisa jadi tabel yang kita masukkan akan memiliki warna yang berbeda dan tak lagi senada dengan blog.

3. Video yang Mendukung

Selain gambar dan tabel, memasukkan video pun akan menjadikan artikel blog semakin menarik untuk dibaca. Video ini bisa kita ambil dari youtube ataupun kita menguploadnya langsung. Namun, jika tak ingin kecepatan blog melambat, kita sebaiknya memilih video dari youtube saja. Biasanya ini tuh sangat cocok untuk artikel yang mereview film agar pembaca bisa melihat cuplikannya.

Cara Membuat Tabel HTML yang Bagus

Kalau memasukkan gambar dan video tanpa diberikan tutorial kayaknya gampang deh ya. Nah, makannya aku mau membagikan cara membuat tabel cantik untuk menjadikan artikel semakin menarik. Cara ini tuh aku dapatkan dari grup Blogspedia yang dibagikan oleh Mba Marita.

Yuk, langsung aja simak untuk membuat tabel cantik di blog!

1. Siapkan tabel yang diinginkan. Aku biasanya membuat tabel di excel. Tabel yang dibuat cukup diberi garis saja tanpa perlu diberi warna atau lainnya. Pokoknya polos aja gitu.
membuat tabel
2. Masuk ke web www.tablesgenerator.com dan pilih menu HTML
web www.tablesgenerator.com
3. Pilih file dan paste tabel data untuk memasukkan tabel dari excel.
paste tabel data
4. Copy tabel dari excel dan paste ke lembar kosong yang muncul. Centang paste with formatting dan pilih load.
Masukkan tabel ke lembar kosong yang muncul
5. Kita bisa mengedit tabel sesuai keinginan mulai warna, ukuran, jenis huruf, posisi tulisan, dan lainnya. Sesuaikan dengan keinginan kita.
mengedit tabel
6. Kita bisa mengatur ukuran tabel dengan mengklik kanan pada tabel. Nanti akan muncul pilihan set column sesuai kebutuhan.
ukuran tabel
7. Setelah semua selesai kita tinggal pilih generate untuk memastikan format tabel sudah sesuai dengan yang kita atur. Bisa preview sebelum mencopy. Jika sudah yakin, maka tinggal pilih copy to clipboard.
copy to clipboard
8. Paste tabel di draft tulisan. Pastikan draft dalam bentuk HTML bukan tulisan biasa. Dan tabel siap untuk menghiasi artikel kita.
hasil akhir tabel html

Penutup

Nah, itulah cara membuat tabel HTML yang bagus. Gimana nih apakah membantu untuk mempercantik tulisan di blog? Boleh juga loh share cara lain untuk membuat tabel di blog.
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar