jejak tulisan si kaki kecil

Manfaatkan Asuransi Jiwa, Berikan Terbaik untuk Keluargamu!

1 komentar
Konten [Tampil]
Manfaatkan Asuransi Jiwa, Berikan Terbaik untuk Keluargamu!

Hai, kawan si Kici!

Tulisan kali ini mau bagi-bagi info nih tentang asuransi jiwa terbaik. Mungkin sebagian dari kamu sering menyepelekan asuransi jiwa karena dianggap hanya dapat menghabiskan anggaran bulanan saja. Padahal, asuransi jiwa sangat penting untuk menghindarkan seseorang dari berbagai kerugian finansial saat terjadi gangguan kesehatan hingga risiko kematian.

Nah, agar tidak kebingungan saat mau memilih produk jasa keuangan ini, berikut adalah beberapa tips agar kamu bisa mendapatkan produk asuransi jiwa yang pas dengan kebutuhan, termasuk mencari tahu apa saja manfaatnya, berapa premi asuransi yang dikenakan, dan lain-lain.

Tips memilih asuransi jiwa terbaik

Dalam menentukan produk asuransi yang cocok dengan kebutuhanmu, kamu bisa lihat berdasarkan sejumlah indikator. Salah satunya yaitu kesehatan keuangan pada laporan perusahaan tahunan.

Tentu kita wajib memilih perusahaan dengan kondisi keuangan yang paling sehat demi menjamin kesanggupannya melunasi seluruh klaim para nasabahnya. Namun tidak berhenti di situ saja ya. Secara pribadi, kita pun harus memperhatikan hal-hal berikut.

1. Sesuaikan dengan keperluan

Tips pertama yang perlu kamu lakukan ketika akan mempertimbangkan suatu produk asuransi yaitu menyesuaikan dengan keperluan yang ada. Sekarang ini tersedia banyak produk asuransi yang menawarkan berbagai manfaat yang berbeda-beda.

Kamu perlu memilih produk asuransi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Seperti halnya manfaat asuransi jiwa untuk jaminan penyakit kritis, jaminan di hari tua atau untuk biaya pendidikan anak.

2. Carilah informasi mengenai apa saja manfaatnya

Ada baiknya, agar kamu mengetahui segala informasi mengenai suatu produk asuransi jiwa sedalam mungkin. Untuk mengetahui berbagai manfaat maupun proteksi yang akan didapatkan nantinya.

Kamu juga perlu mengetahui berbagai hal apa saja yang tidak dapat ditanggung oleh pihak asuransi. Perhatikan juga kredibilitas dari perusahaan asuransi jiwa terkait, agar kedepannya kamu tidak dikecewakan oleh pihak asuransi.

3. Pilih premi asuransi yang sesuai dengan kemampuan

Premi asuransi adalah sejumlah uang yang perlu dibayarkan oleh para pemegang polis kepada perusahaan asuransi agar dapat mengalihkan risikonya kepada perusahaan. Jika kamu sudah membayar, nasabah pun akan mendapat proteksi asuransi jiwa.

Penghitungan premi asuransi jiwa tentu berbeda-beda bagi setiap perusahaan. Untuk itu pilihlah premi asuransi jiwa sesuai dengan kemampuan kamu, apalagi jika kamu baru pertama kali memiliki produk perlindungan diri tersebut.

Anggarkan secara tepat, supaya anggaran asuransi jiwa tidak mengganggu kebutuhan lainnya. Ada baiknya memilih asuransi jiwa dengan premi relatif rendah yang tentunya memiliki manfaat secara maksimal.

4. Pilihlah produk asuransi dengan layanan terbaik

Sering kali, banyak pemilik asuransi yang mengalami berbagai kendala terkait dengan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan asuransi. Tidak sedikit perusahaan asuransi jiwa yang tidak menyediakan layanan pelanggan selama 24 jam.

Sehingga, saat terjadi sesuatu atau diperlukan informasi yang penting mengenai produk asuransi jiwa yang kamu miliki, kamu akan mengalami kebingungan, jadi telitilah saat memilih perusahaan asuransi ya!

5. Perhatikan kredibilitas perusahaan asuransi jiwa

Selanjutnya, yang tidak boleh kamu lewatkan yaitu mengetahui kredibilitas perusahaan asuransi jiwa. Pada umumnya hal ini disebabkan oleh sifat perjanjian asuransi jiwa yang berjangka panjang, hingga kredibilitas tersebut sangatlah penting untuk kamu perhatikan.

Kamu bisa memperhatikan bagaimana pengelolaan dan kinerja dari perusahaan asuransi yang kamu pilih, dan pastikan perusahaan itu tidak bermasalah. Dengan adanya keterbukaan tersebut, memungkinkan kamu untuk melihat bagaimana laporan keuangan dan rating dari para nasabahnya.

6. Periksalah keamanan dan privasi asuransi jiwa

Saat ini sudah tersedia berbagai jenis asuransi jiwa yang disediakan secara online. Kamu perlu mengetahui seberapa ketat keamanan serta privasi data yang dijaga oleh perusahaan asuransi jiwa terkait.

Tentunya kamu tidak ingin bukan, jika ada yang mengakses data pribadi kamu hingga terjadi hal-hal yang merugikan karena keamanan tidak terjaga. Kalau memang kamu masih ragu dengan perusahaan asuransi tertentu, kamu bisa menghubungi customer care yang ada di perusahaan tersebut.

Manfaat yang didapatkan dari asuransi jiwa

Pada dasarnya, asuransi jiwa bermanfaat sebagai pemberi santunan meninggal dunia serta santunan cacat jika tertanggung mengalami suatu kecelakaan atau musibah. Selain itu, berikut adalah manfaat dari produk asuransi jiwa yang penting untuk kamu pahami.

1. Santunan untuk cacat tetap sebagian

Santunan ini diberikan jika tertanggung mengalami cacat yang tetap sebagian. Seperti jika sebagian anggota tubuh tidak berfungsi, sebut saja lumpuh kaki atau lumpuh tangan.

Biasanya uang pertanggungan yang nanti akan diberikan merupakan proporsional berdasarkan pada kerugian.

2. Santunan untuk cacat tetap total

Santunan yang satu ini akan diberikan jika tertanggung mengalami cacat tetap secara total yang menyebabkan tidak bisa bekerja. Santunan ini biasanya akan diberikan sebanyak 100 % uang pertanggungan.

3. Santunan untuk meninggal dunia

Terakhir, untuk santunan meninggal dunia. Ini akan diberikan jika tertanggung meninggal dunia. Biasanya tunjangan yang diberikan yakni sebanyak 100% bahkan lebih uang pertanggungan.

4. Manfaat lainnya

Pentingnya untuk memiliki jaminan finansial dari asuransi jiwa bisa memberikan manfaat berikut.
  • Dapat mengelola keuangan untuk keluarga
  • Bisa menjamin pendidikan anak
  • Untuk memastikan kelangsungan kehidupan keluarga tercinta
  • Dapat memberi rasa aman
  • Bisa melindungi ahli waris agar terbebas dari beban finansial

Itulah beberapa manfaat dari asuransi jiwa yang bisa kamu dapatkan. Jika nanti seorang pencari nafkah (misalnya di keluarga kamu) meninggal dunia, kesehatan finansial keluarga akan selalu terjaga.

Dalam memilih asuransi ini tentunya kamu harus menimbang sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan. Selain itu, pastikan juga bahwa suatu perusahaan asuransi yang kamu pilih mempunyai reputasi dan kinerja keuangan yang baik, lebih penting lagi, perusahaan tersebut sudah terdaftar di AAJI dan OJK.

Gimana nih? Udah nggak bingung lagi kan kalau mau cari asuransi jiwa terbaik?
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar