jejak tulisan si kaki kecil

4 Manfaat Google Search Console, Blogger Wajib Tau!

1 komentar
Konten [Tampil]
4 Manfaat Google Search Console, Blogger Wajib Tau!

Hai, kawan si Kici!

Sebagai blogger wajib banget deh tau manfaat google search console. Salah satu tools wajib yang bisa dimanfaatkan oleh blogger dalam kegiatan menulis di dunia maya ini.

Pada awal menjadi blogger aku memang tak memasang tools apapun. Pokoknya mah nulis aja gitu ya. Namun, setelah bergabung kelas blogging, aku jadi tau kalau blogger ternyata butuh tools. Sayangnya toolsnya tuh nggak cuma satu, ada banyak sampai bikin pusing karena nggak tau buat apa, taunya ya dipasang aja.

Sayang banget nggak si kalau udah pasang tools ini itu tapi nggak tau fungsinya. Padahal setiap tools tuh bisa membantu para blogger untuk menulis lebih baik dan tentunya bisa meningkatkan performa blog.

Manfaat Google Search Console

Kali ini aku mau membagikan manfaat dari salah satu tools untuk para blogger. Penasaran nggak si apa aja manfaat google search console? Yuk, baca tulisan ini sampai selesai ya!

1. Melihat kueri

Salah satu manfaat dari google search console adalah melihat kueri. Kueri ini adalah semacam keyword yang muncul pada pencarian google dan merujuk pada blog kita. Jadi kita bisa tau nih apa aja si kueri yang bikin para pengunjung datang. Artinya keyword itulah yang banyak dicari sama pengunjung kita.

Bermanfaat banget nggak si kalau kita tau kueri gitu? Pastinya kita jadi punya pegangan nih buat nulis. Apalagi kalau butuh riset keyword, bisa menjadikan kueri itu sebagai patokan dalam menulis. Jadi tulisan kita tuh bisa lebih banyak bermanfaat bagi banyak orang. Nulis nggak sekedar nulis juga tapi tepat sasaran dengan apa yang dibutuhkan orang lain.

2. Melihat halaman popular

Google search console juga bisa digunakan untuk melihat halaman popular di blog kita. Jadi kita bisa tau nih artikel mana sih yang banyak dikunjungi orang. Dari artikel popular ini bisa juga untuk dijadikan referensi untuk menulis dan riset keyword agar tulisan kita di blog lebih banyak dikunjungi orang.

3. Melihat negara

Dari google search console kita juga bisa melihat negara asal pengunjung blog kita. Walaupun di google search consile tidak rinci sampai ke kota setidaknya kita bisa tau dari negara mana aja nih pengunjung blog kita. Jadi kita bisa menyesuaikan bahasa apalagi jika tujuan kita ngeblog bukan sekedar untuk mengunjung dari satu negara aja tapi lebih ke global.

4. Melihat perangkat

Hal, terakhir yang juga didapatkan dari google console adalah perangkat yang digunakan oleh pengunjung blog. Perangkat ini bisa dijadikan patokan kita dalam menulis karena tampilan akan berbeda antara tabel, hp, dan laptop. Sebisa mungkin nih tulisan jangan terlalu panjang di setiap paragraf karena kebanyakan pengunjung biasanya menggunakan hp.

Penutup

Manfaat google search console sebenarnya ada banyak selama kita memahami tools tersebut. Apalagi jika kita merasakan dan memanfaatkan google search console tentunya kita akan sangat bergantung pada tools itu untuk memajukan blog kita. Jadi sangat penting sih buat kita paham apa kegunaan setiap tools yang digunakan. Bukan hanya sekedar memasangnya saja.

Menurut kalian apa si manfaat dari google search console yang paling membantu dalam menulis dan meningkatkan performa blog? Boleh dong sharing di kolom komentar. Siapa tau kalian sudut pandang yang berbeda tentang google search console ini.
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

1 komentar

  1. wah pas banget sy lagi ngoprek google console, semoga bisa menggunakannya dengan optimal ^_^

    BalasHapus

Posting Komentar