jejak tulisan si kaki kecil

Ketika Orang Abai Protokol Kesehatan

1 komentar
Konten [Tampil]
Hai, kawan si Kici!

Apakah kalian mulai abai dengan protokol kesehatan? Rasanya tuh lelah ya sudah 2 tahun kita hidup dengan bayang-bayang pandemi. Namun kita nggak boleh begitu aja abai dengan protokol kesehatan. Itu tuh nggak cuma menjaga dari covid tetapi juga banyak hal lain.

Protokol Kesehatan
Apa aja si protokol kesehatan yang harus dilakukan?

1. Memakai Masker
Pakai masker tuh sebenarnya wajib dari dulu kalau kita sakit. Kan biar nggak menularkan pada orang lain. Namun dulu ya pada bodo amat mah. Sakit ya nggak ditutup pake masker. Kalau sekarang mau sehat atau sakit ya sebaiknya pake masker, bahkan kalau mau double tuh juga bisa, Agar semakin terjaga dan tak terpapar virus. Walaupun memang lebih pengap kalau double masker tuh. 

2. Mencuci Tangan
Mencuci tangan harusnya si sebelum pandemi ya wajib dilakukan. Apalagi kalau mau makan. Tapi ya masih ada yang suka sembarang gitu makan tanpa cuci tangan.

Giliran pandemi gini tuh nggak boleh abai sama cuci tangan. Kalau nggak pake air ya minimal pake handsanitizer deh. Lumayan kan menghilangkan kuman walaupun ya mungkin gak semaksimal pake air. Rasanya si emang ribet tapi ya menjaga diri gitu lah. Masa malas cuci tangan padahal tangan tuh bisa jadi sumber kuman lho!

3. Menjaga Jarak
Gini nih yang sekarang udah mulai bodo amat pada kumpul nggak jaga jarak lagi. Pas vaksin juga gitu. Kumpul semua tuh kayak semut lagi nemu makanan dan berkumpul buat membawanya. Padahal ya apa susahnya si kasih space dikit wkk

Apalagi tuh kalau ketemu udah sepuh, serba salah karena protes kalau jaga jarak gitu.

4. Mengurangi Kontak
Kontak dengan orang dan benda ketika keluar tuh sebisa mungkin dihindari. Kan gatau ya virusnya ada di mana. Mending menjaga daripada kenapa-kenapa kan. Jadi mending kurang-kurangin deh kontak sama orang.

5. Makan Makanan Sehat
Makan sehat tuh penting banget buat imun tubuh. Yaa nggak cuma karena pandemi tapi buat menghindari penyakit lain juga. Kan makan sembarangan terus menerus tuh agak bahaya. Apalagi goreng-gorengan walaupun memang enak. Tapi kan mending pilih makanan yang sehat.

Sejujurnya memang udah ditahap jenuh dan cape ya sampai akhirnya abai protokol kesehatan. Apalagi menjelang tahun baru nih. Pasti banyak deh yang udah berencana liburan. Aku yang ada urusan luat kota pun sampe heran. Akhir-akhir ini setiap ke hotel tuh selalu penuh. Jadi nggak bisa tuh pesan mendadak. Harus jauh-jauh hari. 

Kalaupun berniat keluar diliburan akhir tahun kalau jenuh tetap yaa jangan abai protokol kesehatan. Kan nggak mau tuh ada gelombang liburan walaupun yaaaa kan rata-rata udah divaksin yaa. Jadi cenderung lebih aman walaupun nggak menjamin 100%.

Sebenarnya bukan efek liburan juga si tapi efek banyak yang update liburan. Kan bikin iri ya, kok mereka bisa bebas pergi. Padahal kita udah di rumah aja nih cari aman. Awalnya B aja, lama-lama gedeg juga si hehee. Apalagi kalau mereka cuek dan nggak pake masker. Duuh pengen ditampol aja deh. 

Kalau kalian jadi tim yang mulai abai protokol kesehatan atau masih menerapkannya dan mengajak orang lain? Semoga pandemi ini bisa segera berakhir ya dan kita bisa bebas beraktivitas kembali dengan nyaman seperti biasanya sebelum ada pandemi.
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

1 komentar

  1. Aku akuuuu! Setengah-setengah tergantung keadaan. Tapi secara default pakai masker kemana-mana si hahaha.. Tapi sejak udah vaksin kedua, plus tren kasus menurun, jadi agak abai sama cuci tangan..

    Terus juga udah lupa sama hand sinitiser..

    BalasHapus

Posting Komentar