Jejak Tulisan Kaki Kecil

Tips Perawatan Setelah Operasi Gigi Geraham Bungsu

Konten [Tampil]
Perlunya perawatan setelah operasi gigi agar luka cepat sembuh dan tidak terjadi infeksi. Melakukan operasi gigi memang akan menimbulkan luka dan rasa yang tidak nyaman sehingga perlu dilakukan perawatan yang tepat.

Perawatan Setelah Operasi Gigi

Setelah melakukan operasi gigi dokter akan memberikan arahan tentang tindakan yang harus dilakukan. Kira-kira apa aja si itu?

1. Minum Obat sesuai Resep

Dokter akan memberikan beberapa obat yang diharuskan diminum setelah operasi. Obat tersebut akan membantu menyebuhkan luka dan juga mengurangi rasa sakit yang mungkin timbul. Dengan meminum obat sesuai resep maka luka akibat operasi gigi akan lebih cepat sembuh.

2. Berkumur Pelan

Jahitan setelah operasi harus dijaga agar tidak sampai lepas. Tindakan menggosok bagian luka atau berkumur terlalu keras bisa menyebabkan jahitan lepas dan luka lebih lama sembuhnya. Sehingga disarankan untuk berkumur pelan dan tidak menggosok gigi selama 24 jam setelah operasi.

3. Makan Makanan yang Lembut

Rasa tidak nyaman yang ditimbulkan akan membuat kita kesusahan mengunyah makanan. Makanan yang lembut akan membantu luka sempat sembuh karena tidak sering tergesek akibat mengunyah.

4. Meminum Air Dingin bukan Panas

Bagi yang menyukai es, saran meminum air dingin atau es tentu terasa menyenangkan. Air dingin akan membantu mengurangi pendarahan yang terjadi akibat operasi. Sedangkan meminum air panas bisa mempercepat pendarahan sehingga tidak disarankan meminum air panas. Sebaiknya tunggu suhu air yang panas menjadi suhu ruangan.

5. Tidak Meludah dan Menyentuh Luka

Mengalami luka akan membuat kita gatal untuk menyentuhnya. Padahal terlalu sering menyentuh dengan sengaja bisa membuat luka lama kering. Selain itu, jika merasa ada darah setelah operasi sebaiknya tahan dengan kassa dan tidak meludah terlalu sering. Kebiasaan meludah akan membuat darah yang sedang membeku akan kembali terbuka dan mengalami pendarahan.

Perawatan setelah operasi gigi sangatlah penting agar kondisi mulut bisa kembali membaik seperti semula. Sehingga perlu dilakukan dengan tepat agar tidak menyebabkan infeksi atau luka yang lama sembuh.
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

1 komentar

  1. Apakah mbak Zakia baru sudah operasi gigi ya? Semoga lekas sembuh mbak..

    BalasHapus

Posting Komentar