Jejak Tulisan Kaki Kecil

5 Tempat Wisata di Semarang yang Wajib Dikunjungi

Konten [Tampil]
Tertarik berkunjung ke Semarang? Tapi bingung tempat wisata di Semarang ada apa aja? Sebagai orang yang pernah tinggal di Semarang selama 5 tahun, aku ingin membagikan beberapa tempat wisata yang ada di Semarang. Mulai dari wisata yang ada di Kota Semarang hingga wisata yang ada di Kabupaten Semarang.

Tempat Wisata di Kota Semarang

Setiap mengunjungi suatu kota untuk berlibur pastinya kita ingin mengunjungi tempat wisatanya. Sehingga kita perlu mengumpulkan informasi jauh-jauh hari sebelum berkunjung. Agar kita bisa menikmati tempat wisata tanpa perlu terburu-buru akibat kehabisan waktu dan juga sesuai dengan budget.

1. Lawang Sewu

Berbicara tentang Semarang pasti dikaitkan dengan lawang sewu. Sebuah bangunan tua yang memiliki banyak pintu sehingga disebut lawang sewu. Lawang sewu menjadi landmark di Kota Semarang yang dahulunya merupakan pusat Perusahaan Kereta Hindia Belanda.

Lawang sewu menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika datang ke Kota Semarang. Sebagai bekas perusahaan kereta tentu lawang sewu memiliki museum yang berhubungan kereta. Sehingga kalian bisa mengetahui tentang sejarah tentang kereta api.

Lawang sewu terletak di jalan pemuda yang tak jauh dari simpan lima. Hanya dengan tiket 10.000-30.000 kalian bisa menikmati bangunan lawang sewu. Jika memang membutuhkan guide, di sana juga disediakan sehingga kalian bisa mengetahui cerita disetiap bangunan yang ada di lawang sewu.

2. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong merupakan klenteng tertua yang ada di Semarang. Sam Poo Kong dibangun untuk mengenal Laksamana Cheng Ho atau dikenal dengan nama Zheng He. Lokasi ini dikenal sebagai tempat mendarat dan singgah Laksamana Chengho yang berasal dari Tongkok dan beragama islam.

Sam Poo Kong menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi karena bentuknya yang bagus. Apalagi jika dikunjungi saat sore menjelang malam, maka akan banyak lampion yang menyala. Sam Poo Kong juga sering menjadi tempat festival dan acara keagamaan. Hanya dengan tiket masuk sebesar 17.000-55.000 kalian bisa menikmati keindahan Sam Poo Kong.

3. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang adalah kawasan bangunan-bangunan tua yang bersejarah. Kawasan ini adalah pusat perdagangan di abad 19-20. Bangunan tua dengan gaya Eropa ini masih dipertahannya hingga sekarang walaupun memang tidak dihuni. Beberapa dimanfaatkan sebagai museum dan juga cafe.

Tak ada tiket masuk untuk mengunjungi Kota Lama Semarang. Kita bebas berfoto dan berkeliling kawasan dengan gedung bergaya Eropa ini. Sebaiknya mengunjungi di pagi atau sore hari agar tak merasa panas.

Di tengah kawasan kita bisa menemukan taman Srigunting sebagai tempat untuk beristrirahat sembari melihat Gereja Blenduk. Gereja Blenduk merupakan gereja kristen tertua di Jawa Tengah dengan kubah yang unik sehingga menjadi salah satu spot foto favorit.

4. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti bisa menjadi pilihan tempat wisata di Semarang. Terletak di kaki Gunung Ungaran tentu memiliki udara yang sejik dan panorama alam yang indah. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sini mulai dari outbound, berenang di air pengunungan, atau hanya sekedar memikmati memandangan dengan secangkir kopi.

Umbul Sidomukti juga menyediakan penginapan berupa villa dan resort. Sehingga bisa menikmati sejuknya udara malam. Untuk masuk ke wisata Umbul Sidomukti cukup membayar 15.000 dan bisa menikmati keindahan alam.

5. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan kompleks bangunan candi peninggalan Hindu. Candi Gedong Songo memiliki sembilan buah candi yang terletak di lereng Gunung Ungaran. Kita bisa mengunjungi objek wisata ini setiap hari mualai dari jam 7 pagi hingga 4 sore. Cukup membayar tiket masuk 10.000 maka kita bisa menikmati panorama alam dan juga candi.

Penutup

Jika mengunjungi ibu kota Jawa Tengah, kita bisa mengunjungi tempat wisata yang ada mulai dari sejarah hingga wisata alam. Walaupun hanya berkunjung sebentar kita bisa mengunjungi beberapa tempat wisata. Dengan memililih beberapa tempat wisata khas maka akan membuat orang mengetahui jika kita sedang di Semarang.

Jadi tertarik pergi kemana nih kalau ke Semarang? Atau ada rekomendasi tempat wisata di Semarang yang sedang hits?

Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar