Jejak Tulisan Kaki Kecil

Berburu Kuliner Enak di Semarang yang Wajib Dicoba

Konten [Tampil]
Mengunjungi ibu kota Jawa Tengah tak lengkap jika tidak berburu kuliner enak di Semarang. Mulai dari cemilan hingga makan berat kita bisa menemukannya di Kota Semarang. Sehingga ketika kita mengunjungi Semarang tak hanya berkunjung ke tempat wisatanya tetapi juga memanjakan mulut dan perut.

Kuliner Enak di Semarang

Pensaran dengan kuliner yang menarik untuk dikunjungi di Semarang? Baca postingan ini sampai selesai ya!

1. Nasi Kucing Pak Gik

Jika mendengar nasi kucing maka yang terlintas dibenakku adalah kuliner jogja. Ternyata Semarang pun memiliki nasi kucing yang cukup terkenal di kalangan mahasiswa. Nasi kucing milik Pak Gik ini telah ada lebih dari 50 tahun.

Nasi kucing Pak Gik terletak di Jalan Wotgandul sebelah Kali Semarang. Nasi kucing ini baru buku tengah malam dan akan tersisa sedikit menunya menjelang pukul 3 pagi.

2. Lekker Paimo

Siapa si yang tak suka jajanan di kaki lima? Semarang memiliki Lekker Paimo yang merupakan jajanan kaki lima terkenal. Jangan meremehkan tempat berjualannya yang sederhana ini, rasanya dijamin memuaskan lidah.

Lekker Paimo terletak di depan sekolah Loyola. Lekker yang tak hanya menjual rasa yang manis juga tetapi rasa yang asin. Mulai dari leker seperti kebanyakan yang berisi coklat hingga berisi sosis ataupun tuna. Jika tertarik membeli leker ini harus bersabar untuk mengantri. Leker ini buka mulai pagi hari hingga sore hari.

3. Lumpia Gang Lombok

Lumpia adalah kuliner khas Semarang yang wajib masuk list teratas untuk dicoba. Bagaimana tidak, Semarang juga dijuluki Kota Lumpia.

Salah satu lumpia yang patut didatangi adalah lumpia Gang Lombok. Salah satu tempat tertua yang menjual lumpia. Menyediakan dua jenis yaitu lumpia basah dan lumpia goreng yang bersi rebung dan saus petis.

Lumpia Gang Lombok bisa dijadikan oleh-oleh. Disarankan membeli lumpia goreng karea tahan hingga 3 hari. Sedangkan lumpia basah hanya bertahan 1 hari saja.

4. Nasgor Babat Pak Karmin

Nasi goreng babat Pak Karmin cukup terkenal karena racikan bumbunya yang enak. Nasi goreng ini memiliki nama lain nasi gore babat mberok yang menjadi kuliner legendaris. Nasi goreng ini sudah ada sejak tahun 1954.

Nasi goreng ini disajikan di atas daun pisang dan berisi potongan telur serta acar mentimun. Selain itu, kita bisa menambah beberapa isi mulai dari ati, limpa, hingga paru. Harga yang perlu dikeluarkan untuk satu porsi mulai dari 18.000.

5. Nasi Gandul Pak Memet

Nasi gandul memang buka asli Semarang. Asal makanan ini sebenarnya dari Pati tetapi terdapat nasi gandul yang enak di Kota Semarang, yaitu Nasi Gandul Pak Memet.

Nasi gandul ini disajikan di atas daun pisang dengn lauk berupa daging atau jeroan sapi. Kuah santan yang dituangkan diataskan menambahkan rasa gurih pada makanan ini. Para pelanggan yang telat mencobanya bisa menghabiskan hingga dua sampai tiga porsi karena rasanya yang enak.

Penutup

Setiap kali mengunjungi suatu tempat pastinya kita akan mencari kuliner khas dan enak daerah tersebut. Begitu pula ketika akan mengunjungi Semarang, pastinya kita akan mencari kuliner enak di Semarang. Mencari kuliner khas akan menjadi kepuasan dan cerita tersendiri yang akan tersimpan menjadi kenangan.

Menurut kalian kuliner apa lagi nih yang enak di Semarang dan wajib untuk dikunjungi? Bisa share di kolom komentar ya!
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar