Jejak Tulisan Kaki Kecil

Kapan itu Kiamat dan Tanda-tanda Besar Hari Kiamat

Konten [Tampil]
Mengenal tanda-tanda besar hari kiamat akan membuat kita lebih waspada dengan datangnya hari kiamat. Hari kiamat adalah akhir kehidupan di dunia. Tidak ada lagi kehidupan di dunia. Matahari tidak akan lagi terbit dari timur dan tenggelam di arah barat.

Dalam islam, hari kiamat adalah salah satu rukun iman. Iman kepada hari kiamat itu perlu mengetahui segala hal yang berkaitan dengan hari kiamat. Mulai dari kematian, fitnah, kubur, tanda-tandanya, hari pembalasan, dan hal lain yang berkaitan erat dengan kiamat.

Kapan itu Hari Kiamat?

Pernah nggak si bertanya-tanya kapan sebenarnya hari kiamat itu? Bahkan tak jarang banyak orang yang meramalkannya. Aku masih mengingat kejadian waktu tahun 2006 tentang prediksi hari kiamat. Katanya akan jatuh hari sabtu. Nyatanya? Aku masih bisa datang ke sekolah untuk belajar dan bermain.

Mereka menanyakan kepadamu (Muhammad) tentang Kiamat, “Kapan terjadi?” Katakanlah, “Sesungguhnya pengetahuan tentang Kiamat itu ada pada Tuhanku; tidak ada (seorang pun) yang dapat menjelaskan waktu terjadinya selain Dia.
(QS. Al-A'raf Ayat 187)

Nabi Muhammad yang seorang utusan Allah, hamba yang istimewa saja tak mengetahui kapan itu hari kiamat. Apalagi kita hamba yang lemah, kenapa berani mengatakan dengan pasti dan menyebutkan tanggal terjadinya hari kiamat. Apakah itu mungkin? Dalam Al Quran sudah tertulis jelas tentang terjadinya hari kiamat hanya diketahui oleh Allah. Jadi kita sebagai hambanya hanya bisa meyakini jika kiamat itu pasti datang walaupun kita tak tahu kapan pastinya akan terjadi.

Tanda-tanda Besar Hari Kiamat

Walaupun kita tak mengetahui kapan itu terjadinya hari kiamat. Allah melalui Rasul-Nya telah memberi kita tanda besar terjadinya hari kiamat. Dengan mengetahuinya kita akan semakin yakin bahwa kiamat itu sudah dekat. Dan kita tak seharusnya membuang waktu untuk melakukan hal yang tidak bermanfaat.

Imam Muslim rahimahullah meriwayatkan dari Hudzaifah bin Asid al-Ghifari Radhiyallahu anhu, dia berkata, “Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam datang kepada kami. Sedangkan kami tengah berbincang-bincang, lalu beliau bertanya: ‘Apa yang kalian bicarakan?’ Mereka menjawab, ‘Kami sedang membicarakan Kiamat.’ Beliau berkata: ‘Sesungguhnya ia (Kiamat) tidak akan terjadi hingga kalian melihat sepuluh tanda sebelumnya.’ Kemudian beliau menyebutkan asap, Dajjal, binatang, terbitnya matahari dari barat, turunnya Nabi ‘Isa bin Maryam, Ya’-juj dan Ma’-juj, dan tiga khasf (penenggelaman ke dalam bumi); khasf di timur, khasf di barat, dan khasf di Jazirah Arab, dan yang terakhirnya adalah api keluar dari Yaman yang menggiring manusia ke tempat mereka berkumpul.” (HR Muslim)

Dari hadist di atas dapat diketahui jika terdapat 10 tanda besar akan terjadinya hari kiamat :
1. Asap
2. Dajjal
3. Binatang Melata
4. Terbitnya Matahari dari Barat
5. Turunnya Nabi Isa bin Maryam
6. Khasf di tiga tempat
7. Khasf di Timur
8. Khasf di Barat
9. Khasf di Jazirah Arab
10. Keluarnya api dari Yaman

Tanda-tanda besar hari kiamat memang belum terjadi saat ini. Namun kita tak boleh menganggap jika kiamat itu masih lama terjadinya. Kita sebagai hamba tak bisa mengetahui kapan pastinya apakah itu masih lama atau sebentar menurut prediksi kita. Kita hanya perlu meyakini akan hari kiamat yang pasti akan terjadi.
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar