Jejak Tulisan Kaki Kecil

Mengenal Siwak: Manfaat dan Cara Menggunakannya

Konten [Tampil]
Sebelum adanya sikat dan pasta gigi, orang dahulu sudah mengenal siwak sebagai alat untuk membersihkan gigi dan mulut. Bentuk siwak yang mirip dengan sikat gigi itulah yang membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal di gigi. Aromanya yang cukup menyengat juga dipercaya dapat membantu menghilangkan bau mulut.

Saat ini, siwak mulai ramai digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pasta gigi. Hal tersebut dilakukan karena orang percaya atas khasiat siwak untuk kesehatan gigi dan mulut. Namun, tak jarang masih ada orang yang menggunakan siwak untuk membersihkan gigi. Itulah yang membuatku penasaran dan pernah mencoba menggunakan siwak secara langsung.

Mengenal Siwak, Sikat Gigi Zaman Rasulullah

Siwak digunakan oleh Rasulullah sebagai sikat gigi di zamannya. Siwak merupakan batang atau ranting pohon Alvadora persica yang berwarna coklat. Siwak digunakan sejak zaman peradaban awal di Arab, Yunani, dan Romawi Kuno.

Siwak dikenal sebagai tanaman yang berasal dari gurun pasir yang memiliki tanah kering seperti Afrika, Timur Tengah, atau semenajung Arab. Bahkan di negara asalnya ini, siwak masih umum digunakan oleh masyarakat dibanding sikat gigi.

Manfaat Siwak bagi Gigi dan Mulut

Mulai bermunculannya pasta gigi dengan bahan siwak tentu membuat kita penasaran apa saja manfaat siwak. Apalagi jika rutin dan benar menggunakannya, pasti segudang manfaat siwak akan bisa dirasakan.

1. Membunuh Bakteri

Kandungan siwak yang terdapat senyawa antibakteri bisa mencegah pertumbuhan bakteri di dalam mulut. Jika rutin menggunakannya maka siwak bisa mengurangi masalah mulut bahkan plak gigi. Dengan senyawa bakteri yang ada di dalam siwak ini, maka kita bisa berhindari dari radang gusi.

2. Menjaga Warna Putih Gigi 

Adanya kandungan klorida, fluoride, dan silika yang tinggi dapat membantu memutihkan gigi tanpa merusak lapisan pelindung. Bahan tersebut merupakan bahan abrasi yang alami dan memiliki efek yang sama seperti pasta gigi yang memutihkan gigi. Dengan penggunaan yang teratur maka siwak dapat mencegah perubahan warna gigi.

3. Mencegah Gigi Berlubang

Gigi berlubang bisa menjadi masalah serius jika dibiarkan. Namun, siwak dapat mencegah terjadinya gigi berluang karena mengandung minyak esensial. Dengan mengunyah siwak maka dapat meningkatkan air liur. Hal inilah yang dapat menjaga keseimbangan pH di dalam rongga mulut dan mencegah pertumbuhan bakteri. Selain gigi berlubang, siwak juga dapat mencegah pengeroposan gigi.

4. Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut yang tak sedap tentu membuat kita tak nyaman. Siwak dapat menghilangkan bau mulut tersebut dan menjadikan napas menjadi wangi. Kandungan siwak yang terdapat minyak esensial itu menjadikan pH di mulut seimbang dan menjadikan bau mulut hilang.

Cara Menggunakan Siwak

Bagi orang yang pertama kali melihat siwak pastinya kebingungan cara menggunakannya. Padahal penggunaan siwak mirip dengan sikat gigi. Agar tak kebingungan bagi yang pertama kali menggunakannya. Yuk baca langkah berikut!

1. Kupas kulit siwak yang berapa di ujung sekitar 1 cm. Bisa menggunakan gunting atau pisau. Kunyah siwak yang sudah terkupas hingga membentuk bulu seperti sikat gigi. Jika dirasa keras bisa direndam atau diberi air terlebih dahulu.

2. Siwak yang sudah membentuk bulu dan dirasa lembut bisa digunakan seperti sikat gigi biasa tanpa ditambahkan pasta gigi.

3. Siwak digunakan dengan meletakkan bulu sikat di dekat tepian gusi. Posisikan siwak dengan sudut 45 derajat. Sikat dengan lembut dari ujung kanan atas ke kiri bawah dan dari kiri atas ke kanan bawah hingga membentuk angka delapan. Lalukan sampai 3 kali atau hingga semua permukaan gigi terasa bersih.

4. Simpan siwak ditempat yang kering dan bersih. Tidak disarankan untuk merendam terlalu lama karena khawatir timbul jamur di siwak.

5. Jika bulu siwak sudah rusak atau ada jamur bisa potong dan mulai kupas kembali siwak. Gunakan hingga batang siwak habis dan tak bisa lagi digunakan.

Penutup

Orang mengenal siwak sudah sejak lama untuk membersihkan gigi dan mulut. Kesehatan gigi dan mulut sangat penting sehingga sudah diajarkan untuk rutin bersiwak oleh Rasulullah. Penggunaan siwak secara rutin dan teratur bisa mencegah terjadinya masalah pada gigi dan mulut.

Di zaman saat ini, orang tak harus menggunaan siwak. Bisa memilih menggunakan sikat gigi untuk membersihkan gigi dan mulut. Jadi sudahkah kalian rajin membersihkan gigi dan mulut?
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

6 komentar

  1. Kalau berjamur cukup buang jamurnya aja ya mbak? Dulu aku pernah pakai siwak, tapi karena berjamur jadi khawatir mau pakai lagi, hehe.

    BalasHapus
  2. Huaaa belum berani lagi pakai siwak. Karena ada rasa kayak ada yg kurang karena gk kayak odol yg ada busanyaa. Wkwkw. Thanks for sharing, Mbak.

    BalasHapus
  3. Belum pernah lihat siwak. Mau coba juga gimana rasanya bersiwak

    BalasHapus
  4. Dulu sepulang umrah ibuku pernah bawa siwak. Beneran lho.. Meski dalam bentuk ranting kering gt tapi bau siwak cukup terasa.

    BalasHapus
  5. Aku belum pernah liat siwak. Jadi penasaran gimana rasanya sikat gigi pake siwak

    BalasHapus
  6. Waah baru tau cara pake siwak... Dulu pernah beli, belum sempet pake dan ga tau gimana cara pakenya, jadi belum juga dipake, eh udah hilang ga tau di mana wkwkwk

    BalasHapus

Posting Komentar