jejak tulisan si kaki kecil

Nonton Extraordinary You untuk Memahami Makna Takdir

Konten [Tampil]
Nonton Extraordinary You untuk Memahami Makna Takdir

Siapa nih yang udah nonton extraordinary you? Salah satu drama korea yang diangkat dari webtoon selain true beauty. Untuk aku yang belum membaca versi weebtoon tentunya tak memiliki ekspektasi yang tinggi dan hanya fokus pada ceritanya saja.

Apalagi extraordinary you tuh mengingatkan aku tentang takdir. Siapa si yang pernah merasa nggak adil dengan apa yang terjadi pada dirinya? Terus mau menyalahkan siapa? Allah kah? Atau diri kita sendiri yang sebenarnya salah?

Drama Korea Extraordinary You

Drama Extraordinary You adalah drama yang dibuat berdasarkan webtoon. Drama ini ditayangkan di MBC TV pada tahun 2019. Drama yang mendapatkan penghargaan sebagai Drama of the Year pada MBC Drama Awards tahun 2019 dan Outstanding Korean Drama pada Seoul Drama Awards tahun 2020.

Sinopsis Extraordinary You

Drama yang menceritakan tentang perempuan bernama Eun Dan-oh yang tak sengaja menyadari jika dirinya berada dalam cerita komik berjudul Rahasia. Dan-oh yang memiliki masalah dengan jatungnya itu merasa dirinya adalah karakter utama. Hingga dia mengetahui kenyataan, dirinya hanya karakter pendukung.

Merasa tidak adil dengan apa yang dilakukan penulis. Dan-oh ingin mengubah kisahnya. Dirinya tak ingin meninggal akibat kondisi jantungnya. Selain itu, Dan-oh pun ingin menemukan cinta sejatinya. Bukan Baek Kyung yang selama ini menjadi tunangannya di dalam komik.

Harapannya ingin bebas dari apa yang diinginkan penulis dapat terwujud dengan bantuan Nomor 13. Seorang karakter pendukung yang bahkan tak memiliki nama. Nomor 13 kemudian diberi nama Ha-roo oleh Dan-oh. Ha-roo pun berusaha membantu Dan-oh mewujudkan keinginannya.

Dalam usahanya mencoba mengubah cerita penulis. Ha-roo menemukan kepingan cerita yang terhubungan dengan karya penulis berjudul Bunga Terompet. Kisah lama yang menghubungkan Dan-oh, Ha-roo, dan Baek Kyung dengan sebuah tragedi tragis. Akankah tragedi tersebut kembali terulang?

Extraordinary You

Judul : Extraordinary You
Penulis Skenario : In Ji-hye dan Song Ha-young
Sutradara : Kim Sang-hyeop
Tahun Tayang : 2019
Jumlah Episode : 32

Pemain yang Muncul Saat Nonton Extraordinary You

Drakor Extraordinary You memiliki 7 pemain utama yang akan sering muncul.

1. Kim Hye-yoon sebagai Eun Dan-oh

Seorang anak tunggal dari keluarga kaya. Dan-oh hanya hidup berdua dengan ayahnya sejak ibunya meninggal. Dan-oh memiliki penyakit jantung sejak kecil dan telah menjalani banyak operasi, tetapi tetap saja kondisi kesehatannya semakin buruk.

Dan-oh menyadari jika dirinya adalah karakter pendukung dalam komik. Penulis menakdirkan dirinya bertunangan dengan Baek Kyung yang telah disukainya selama 10 tahun. Kisah yang pernah dituliskan oleh penulis di karya sebelumnya. Dan-oh yang seorang bangsawan adalah karakter utama dan memiliki tunangan bernama Pangeran Kyung.

2. Kim Ro-woon sebagai Nomor 13 / Ha-roo

Seorang karakter pendukung di komik yang ternyata bisa mengubah cerita sang penulis. Dan-oh memberinya nama Ha-roo. Dalam komik sebelumnya Ha-roo menjadi karakter utama. Seorang prajurit dan pengawal pribadi Pangeran Kyung yang setia.

3. Lee Jae-wook sebagai Baek Kyung

Seorang anggota A3, yang berisikan tiga laki-laki berpengaruh di sekolah. Walaupun Baek Kyung terkenal kasar dan dingin tetapi masih ada perempuan yang tergila-gila padanya. Baek Kyung membenci Dan-oh yang terus menyukainya karena mengingatkan pada ibunya. Baek Kyung pun membenci perjodohan karena ayah dan ibu tirinya memanfaatkan Dan-oh untuk mendapatkan harta.

4. Lee Na-eun sebagai Yeo Joo-da

Karakter utama dalam komik. Joo-da adalah perempuan dari keluarga miskin dan tinggal bersama neneknya yang sakit. Joo-da selalu tersenyum dan tak pernah marah walaupun sering ditindas akibat dekat dengan Nam-joo.

5. Jung Gun-joo sebagai Lee Do-hwa

Salah seorang anggota A3. Do-hwa memiliki bakat dala musik terutama bermain biola. Anggota A3 yang selalu ceria. Dalam komik Do-hwa diceritakan terlibat cinta segitiga antara Joo-da dan Nam-joo. Do-hwa juga menyadari dirinya adalah karakter komik karena Dan-oh memberitahu Do-hwa.

6. Kim Young-dae sebagai Oh Nam-joo

Seorang anak dari keluarga yang kaya raya. Nam-joo adalah karekter utama laki-laki dalam komik. Nam-joo yang anggota A3 termasuk siswa populer dikalangan perempuan. Namun Nam-joo hanya tertarik pada Joo-da dan bersikap dingin pada perempuan lain.

7. Lee Tae-ri sebagai Jinmichae / Geum Jin-mi

Dikenal sebagai peri cumi-cumi kering karena juru masak di kantin khusus makanan cumi kering. Banyak perempuan yang mengaguminya dan menganggapnya bagian A3. Peri cumi-cumi kering mengetahui banyak tentang dunia komik. Dirinya juga memiliki ingatan yang bagus tentang kisahnya di karya penulis sebelumnya.

Memahami Makna Takdir dari Extraordinary You

Drama extraordinary you cukup menarik untukku. Bagaimana cerita ini mengangkat tentang takdir para karakter yang ada di dalam komik. Bagi yang menyadarinya mereka merasa tidak adil dengan apa yang dilakukan oleh penulis. Namun bagi mereka yang tidak menyadarinya, mereka tetap merasa bahagia walaupun terkadang tak mengetahui alasan dibalik hal yang mereka lakukan.

Dan-oh di drama ini menyadarkanku akan makna takdir. Dan-oh yang seorang karakter dalam komik ditakdirkan memiliki penyakit jatung dan menjalani cinta bertepuk sebelah tangan dengan Kyung selama 10 tahun. Dan-oh yang menyadarinya ingin mengubah takdir tersebut, apapun dilakukan dengan resiko yang akan diterimanya yaitu kehilangan Ha-roo.

Dalam komik ini, apa yang terjadi sebenarnya sudah direncanakan penulis dari awal. Mulai dari permulaan cerita hingga akhir yang diinginkan penulis. Layaknya kehidupan manusia, Allah sudah menuliskan takdirnya jauh sebelum kita diciptakan. Takdir akan kelahiran, jodoh, rezeki, dan kematian. Walaupun takdir sudah ditentukan, kita sebagai manusia juga ikut andil dalam kehidupan kita.

Allah memang sudah menakdirkan kapan kita akan meninggal tetapi kita yang akan menentukan kematian seperti apa yang akan terjadi. Apakah meninggal dalam keadaan beriman ataukah dalam keadaan kafir? Apakah meninggal karena sakit atau bisa jadi kita melakukan bunuh diri? Jadi apa yang terjadi dikehidupan kita masih ada campur tangan diri kita sebagai manusia.

Dari Dan-oh aku belajar untuk mengusahakan yang terbaik tentang hidup kita. Namun, darinya juga aku belajar ada hal-hal diluar kuasaku sebagai manusia. Bukan berarti kita selalu pasrah dan mengatakan menunggu takdir. Sebaiknya kita tetap berusaha menjalani hidup sesuai dengan apa yang kita inginnya dan tentu saja masih dalam batasan syariat.

Penutup

Nonton Extraordinary You mengajarkan kita tentang takdir. Kita layaknya Dan-oh yang terkadang menyalahkan apa yang terjadi. Mempertanyakan tentang apa yang terjadi dalam hidup kita. Kita memang tak bisa begitu saja mengubah takdir yang sudah pasti. Namun ada beberapa hal yang bisa kita usahakan agar kita tak menyesal menjalani kehidupan di dunia.
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

1 komentar

  1. drama ini slalu seliweran tiap kali buka viu. tapi nggak pernah ngeklik karena kurang bgtu paham isinya. tapiii aku jadi kepo setelah baca iniii haha

    BalasHapus

Posting Komentar