jejak tulisan si kaki kecil

Kegunaan Ecobrick untuk Memanfaatkan Sampah Plastik

Konten [Tampil]
Pernah mendengar tentang ecobrick? Memang apa sih kegunaan ecobrick?

Ecobrick merupakan gabungan dari kata eco dan brick. Brick yang memiliki arti batu bata dan eco sering dikaitkan dengan pelestarian lingkungan. Dengan kata lain, ecobrick adalah semacam batu bata yang ramah lingkungan karena terbuat dari sampah palstik.

Menarik gak si? Ada batu bata yang terbuat dari sampah dan tentunya ramah lingkungan. Jadi nggak semua plastik bermuara ke TPA atau malah mencemari lingkungan. Yuk, coba belajar tentang ecobrick ini!

Memanfaatkan Plastik untuk Ecobrick

Sampah plastik biasanya bakal kalian apain nih? Buang begitu saja ke tempat sampah? Bakar dan malah menyebabkan polusi udara? Bahkan kalau dibakar bisa berpengaruh pada global warming lho! Panjang deh kalau ini ceritanya.

Setiap kali belanja atau jajan pasti ada aja plastik ya? Udah bawa tas belanja tetapi barang-barang dari pabrik terbungkus plastik. Ya jadi susah benar-benar bebas sampah plastik. Padahal plastik tuh susah diurai. Makannya paling cepat ya dibakar biar gak ada lagi wujudnya.

Serba salah kan mau diapakan ini sampah plastik? Naaah, makannya muncul istilah ecobrick. Ecobrick dijadikan solusi untuk mengatasi masalah sampah. Mana ada si manusia yang benar-benar bebas sampah? Kalau ada itupun sepersekian persen dari populasi manusia di dunia.

Dengan adanya ecobrick maka sampah tak lagi menjadi sampah yang menumpuk di TPA dan berujung dibakar untuk menguranginya. Jadi bisa minim polusi tanah dan udara deh.

Kegunaan Ecobrik

Terus nanti ecobricknya buat apa? Kan sama aja numpuk. Eiits tenang aja kok selama kalian kreatif, ecobrick bisa jadi apa saja. Berasa sulap deh dari sampah yang terlihat begitu tak berguna menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Tinggal mengasah kreativitas masing-masing aja. Boleh juga kok intip contoh-contoh yang dibuat orang lain.

1. Furnitur

Butuh sebuah furnitur tapi uang belum cukup. Bisa banget nih memanfaatkan ecobrick. Mulai dari kursi, meja, ataupun sofa sesuai kreativitas bisa dibuat dari ecibrick. Selain harganya yang terjangkau bahkan hanya modal waktu untuk membuatnya, furnitur ini akan lebih ramah lingkungan.

Bahkan furnitur ini anti air, jadi tak perlu khawatir basah. Tinggal lap saja dengan kain maka kita bisa menggunakannya lagi. Bahkan bisa juga jadi pilihan hiasan untuk bangku-bangku ditaman pengganti kursi besi.

Merasa terlalu keras ketika menggunakannya? Bisa diakali dengan memberi busa diatasnya. Jadi sembari mengumpulkan untuk untuk membeli furnitur yang diinginkan, bisa memanfaatkan sampah plastik terlebih dahulu.

2. Bangunan bukan untuk di huni

Jika memiliki ecobrick dalam jumlah banyak, membuat bangunan pun bisa dilakukan. Sayangnya untuk saat ini bangunan dari ecobrick ini belum digunakan untuk hunian. Hanya penghias atau digunakan untuk bangunan khusus tertentu di ruang terbuka.

Padahal dengan ecobrick bisa lho dijadikan bahan untuk rumah tahan gempa. Sifatnya dan tidak sekeras batu bata pada umumnya mungkin bisa menahan getaran dengan skala tertentu. Kalau pun getaran terasa lebih keras dan bangunan roboh menimpa manusia, luka yang ditimbulkan mungkin tak akan separah bangunan dari batu bata.

Ecobrick untuk bangunan juga bisa jadi solusi bagi gelandangan atau orang yang tak memiliki rumah. Dibandingkan membuat ruang-ruang kecil dari kardus dan kertas koran, tentu ecobrick akan lebih kokoh. Tak akan mudah rusak ketika hujan turun dan tetap mudah untuk dipindahkan.

Cara Membuat Ecobrick

Penasaran cara membuat ecobrick? Nih ya aku bisikin caranya. Gampang deh buat ikutin. Tinggal mau konsisten aja si karena jumlah sampah plastik untuk ecobrik tuh banyak. Jadi ya harus rajin ngumpulin dan terus bikin setiap hari atau di waktu tertentu.
  1. Siapkan botol plastik yang akan dijadikan wadah. Kalau bisa nanti ukuran botolnya harus sama ya!
  2. Siapkan sampah plastik dan potong agak bisa dimasukkan ke dalam botol. Pastikan plastik bersih dan kering agar tidak mengundang serangga.
  3. Isi botol plastik dengan plastik yang sudah dipotong kecil.
  4. Tekan plastik dengan bilah agar botol bisa diisi banyak plastik.
  5. Pastikan plastik ditekan hingga padat dan tak bisa lagi diisi sampah plastik.
  6. Tutup ketika sudah penuh dan botol terasa berat.

Ternyata menarik banget ya kegunaan ecobrick. Siapa nih yang udah langsung eksekusi? Kira-kira ecobricknya mau dijadikan apa ya?
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar