jejak tulisan si kaki kecil

Donasi Baju Bekas Segala Kondisi ke Bberes.id

Konten [Tampil]
Donasi Baju Bekas Segala Kondisi ke Bberes.id

Bingung ketika mau donasi baju bekas? Memiliki banyak baju tentu tak jarang membuat lemari penuh dan tak ada tempat lagi untuk baju baru. Namun, kebingungan akan memindahkan kemana baju-baju yang sudah tak terpakai ataupun jarang digunakan.

Membuang baju-baju bekas juga bukan solusi yang tepat. Tak jarang baju-baju bekas tersebut masih layak pakai. Namun kita sudah tak membutuhkannya, apalagi jika baju tersebut sudah tak lagi muat. Lalu harus aku kemanakan baju-bajuku ini?

Donasi Baju Bekas ke Bberes.id

Aku merasa kebingungan setelah membereskan lemari dan menemukan banyak baju yang sudah tak aku butuhkan. Baju-baju yang sudah tak lagi aku gunakan. Baju-baju yang sudah kekecilan. Baju-baju yang sudah lusuh dan tak jarang aku temukan ada lubang.

Baju yang menupuk tentu akan sayang jika dibiarkan begitu saja. Namun jika aku membuangnya ke tempat sampah pastinya akan menambah sampah kain. Kebingunganku itu ternyata mendapat jawaban yang cukup menenangkan hati ketika melihat instagram story temanku.

Salah satu temanku membagikan informasi tentang Bberes.id. Sebuah platform yang menerima barang-barang yang sudah tak lagi dipakai di rumah. Barang yang "mungkin" bisa disebut sampah tetapi tak bisa sembarangan dibuang begitu saja. Menariknya, Bberes.id menerima baju bekas. Tentu ini adalah jawaban dari kegalauanku setelah membereskan lemari.

Menerima Baju Segala Kondisi

Aku pun membalas instagram story temanku itu dan menanyakan apa aja syarat jika ingin memberikan baju-bajuku. Ternyata tak ada syarat baju yang akan diberikan, bahkan Bberes.id menerima baju dalam segala kondisi. Baju yang sudah lusuh, sobek, pakaian dalam bahkan kain perca pun diterima.

donasi baju bekas

Sumber: instagram @bberes.id


Mengetahui hal itu tentu membuatku senang dan bersemangat untuk membereskan pakaianku. Aku memilih dan memilah pakaian yang sekiranya sudah tak aku butuhkan. Rasanya lega melihat tumpukan baju itu tak akan berujung menjadi sampah. Dan senang melihat lemari sedikit lebih longgar.

Bisa Dikirim Dari Mana Saja

Bberes.id berlokasi di Tangerang Selatan. Tempat dimana semua barang dikumpulkan dan disortir. Walaupun baru memiliki satu lokasi untuk mengumpulkan barang, BBeres.id menerima barang yang dikirim dari mana saja. Sehingga tak perlu khawatir jika kita tidak tinggal di sekitar Tangerang.

Cara Memberikan Baju ke Bberes.id

Bberes.id memberikan tiga pilihan jika kita ingin memberikan baju bekas kita. Sehingga kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kita.

1. Layanan Pick Up

Jika kita masuk dalam radius yang bisa dijangkau oleh Bberes.id kita bisa memilih menggunakan layanan pick up. Kita hanya perlu menghubungi Bberes.id untuk bisa mendapatkan layanan ini. Tentunya layanan ini sangat membantu kita untuk tak perlu sibuk keluar rumah. Cukup menunggu dan baju kita akan dijemput dengan aman.

2. Drop Box

Bberes.id bekerja sama dengan Rsia Bina Medika Bintaro menyediakan layanan drop box yang dapat digunakan untuk tempat baju-baju bekas yang akan diberikan. Untuk kalian yang tinggal di Bintaro tentunya layanan ini juga memudahkan sehingga kita hanya perlu datang ke lokasi drop box dan meletakkan baju kita.

Drop box

Sumber: instagram @bberes.id

3. Kirim dengan Ekspedisi

Aku yang berada di luar kota tentu memilih cara mengirim baju-bajuku menggunakan ekspedisi. Aku pun menghubungi Bberes.id terlebih dahulu untuk meminta alamat yang akan digunakan untuk mengirim bajuku.

Baju-baju itu pun aku packing ke dalam beberapa kardus karena ada cukup banyak baju yang tak lagi aku gunakan. Banyaknya jumlah baju itu membuatku memilih kargo agar ongkos kirim yang aku keluarkan tak cukup banyak. Tak lupa aku pun mentrasnfer sejumlah uang ke nomor rekening Bberes.id untuk mengirimkan uang biaya laundri.
Konfirmasi pengiriman
Baju-baju yang aku kirim sebenarnya sudah bersih. Namun aku hanya ingin memastikan lebih bersih saja ketika nanti sampai di sana. Dan jangan lupa mengirimkan bukti pengiriman agar tim Bberes.id mengetahui jika kalian sedang mengirim barang ke sana.

Penutup

Tempat donasi baju bekas seperti Bberes.id sebenarnya cukup membuatku senang. Apalagi mereka cukup konsen tentang sampah. Tak hanya baju, banyak barang yang bisa kita berikan ke Bberes.id karena mereka adalah platform untuk semua sampah anorganik atau barang yang tak lagi kita gunakan di rumah.

Semoga apa yang dilakukan Bberes.id ini bisa menjadikan sampah lebih bijak diolah dan tak semua berujung ke TPA. Dan tentunya harapanku platform seperti Bberes.id bisa ada di semua kota di Indonesia. Agar tak hanya di kota-kota besar saja dan bisa dimanfaatkan oleh semua orang.
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

8 komentar

  1. kupikir brebes.id di jawa tengah, secara namanya langsung inget ke brebes. ternyata lokasinya di tangerang ya

    BalasHapus
  2. Deket ini mah dari Bekasi. Selama ini baju lusuh alias gombal cuma jadi kesetan.

    BalasHapus
  3. Mbak klo aku mau kirim baju bekas dikirim ke alamat mana ya?

    BalasHapus
  4. Semoga makin banyak barang-barang bekas yang bisa digunakan lagi atau didaur ulang. Agar bisa mengurangi sampah-sampah di bumi ini.

    BalasHapus
  5. Wah, asyik nih donasi baju jadi lebih mudah. Kadang bingung mau dikasihkan siapa baju-baju yang nggak lagi dipakai, untung sekarang udah ada Bberes.id yang siap nampung dan menyalurkan pada yang membutuhkan.

    BalasHapus
  6. Asik noh, ga bingung lagi ngadepin baju tak terpakai. Kapan-kapan aku coba kirim baju bekas ke bberes.id juga aah..

    BalasHapus
  7. Wah aku baru tahu ada ini, manfaat sekali. Alhamdulillah ya sekarang bnyak kebaikan yg bisa dilakukan

    BalasHapus
  8. Udah lama mengumpulkan baju-baju pribadi yang ga dipake lagi. Ini bisa donasi selain pakaian ga kak?

    BalasHapus

Posting Komentar