Jejak Tulisan Kaki Kecil

Ikut Tantangan Menulis ODOP selama 30 hari? Siapa Takut!

3 komentar
Tantangan Menulis ODOP
Tantangan menulis ODOP rasanya terlihat berat ya memang begitu si rasanya tapi tetap saja bisa dilakukan. Sebuah tantangan pada diri sendiri agar bisa lebih rajin menulis di tahun yang baru ini. Apakah akan berhasil? Kita lihat saja nanti di akhir bulan januari!

Dari #30haribercerita hingga #odopicc

Mengikuti tantangan ODOP bukan tanpa sebab semua itu berawal dari ajakan menulis 30 hari selama bulan januari. Menulis yang tanpa aturan baku, apapun sebebas kita. Walaupun terkadang ada tema-tema tertentu pada tanggal yang ditentukan.

Aku mulai mengikutinya dan menulis melalui caption instagram dua tahun berturut-turut. Melihat postingan Bulek Hana tentang 30 hari bercerita, membuatku tertantang untuk lebih rajin menulis. Lumayan juga untuk mengisi feed instagramku yang jarang terisi. 
30 hari bercerita
Hari-hari awal menulis memang mudah. Aku pun biasa melakukannya di malam hari sembari melepas penat dan meramaikan sepinya malam. Tetapi lama kelamaan, aku mulai kehabisan ide atau timbul rasa malas. Bahkan terkadang melakukan rapelan tulisan. Mungkin salahku juga, tak membuat rencana tulisan apa yang ingin aku tulis.

Belajar dari kesalahan tersebut, aku mulai membuat garis besar tulisan akan aku tulis untuk gerbong aksara. Semacam 30 hari bercerita, bedanya aku diminta menulis tentang tema ikhlas selama 30 hari, entah berbentuk cerita, quote, puisi, atau jenis lainnya. 

Jika berhasil melewati tantangan tersebut maka kita resmi menjadi anggota gerbong aksara batch tersebut. Pada batchku kemarin, bisa melahirkan 3 karya yang dibukukan dalam bentuk cerita, quote, dan puisi. Lumayan kan menambah jejak tulisan.

Hingga akhirnya di tahun ini, aku menantang diri sendiri untuk menulis di blog selama 30 hari tanpa henti. Sebuah tantangan yang ingin bisa aku taklukan, apalagi menulis di blog tak semudah menulis caption di instagram.

Tantangan Menulis ODOP

Dulu aku bertanya-tanya apa si itu ODOP? Ternyata singkatan dari one day one post. Bagi yang terbiasa membuat konten pastinya akan mudah. Tapi untukku yang terkadang membutuhkan waktu 2-3 hari untuk menghasilkan satu postingan di blog, itu adalah ujian. Bagaimana aku bisa menulis dengan lebih cepat dari biasanya.

Sebenarnya aturan menulis di ODOP ini tak terlalu sulit, cukup membuat tulisan sepanjang 350-500 kata. Lalu membagikannya ke instagram dan facebook pribadi. Mudah bukan? Apalagi jika sudah dibiasakan menulis 800 kata setiap kali menulis oleh Mba Marita. Cukup mengetik di laptop selama satu jam, maka akan menghasilkan sebuah tulisan.

Selain itu, tema tulisan yang akan diposting pun sudah ditentukan sedari awal oleh panitia. Tentunya akan sangat membantuku untuk merencanakan sebuah konten. Tak perlu pusing-pusing memikirkan akan menulis apa, tinggal memikirkan tulisan apa yang sesuai dengan tema di hari itu.
Tema ODOP
Apalagi setiap kali posting di instagram maka akan sekaligus meramaikan 30 hari bercerita. Ternyata sayang seribu sayang, hal tersebut tak bisa dilakukan setiap harinya. Aturan 30 hari bercerita yang baru mengharuskan menulis tema tertentu di tanggal genap setelah melewati tanggal 5 januari. Membuatku harus memikirkan dua konten sekaligus untuk tulisan 30 hari bercerita dan ODOP.

Sejauh ini si aku berhasil melewati tantangan menulis ODOP. Walaupun terkadang timbul rasa malas dan alasan-alasan lain. Tapi itulah tantangan yang harus dilawan agar bisa berkembang menjadi lebih baik. 

Jadi tantangan apa nih yang kalian lakukan di tahun yang baru ini?
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

3 komentar

  1. Tantangan saya tahun ini adalah BIKIN SIM, yang sudah lima tahun jadi resolusi yang belum terrealisasi hahaha.

    Anyway aku juga pengen banget menantang diri sendiri buat bisa nulis one day one post, cuma masih ga yakin gitu sama diri sendiri. Sampai tanggal 9 ini aja, blog baru keisi 3 hihihi

    Aku juga alumni #30HBC tahun 2018 lalu, mau ikutan lagi tapi tetap gayakin sama kesibukan (yang dibuat2 dan dijadikan alasan)

    Hee semangat Mbaa

    BalasHapus
  2. Hai hai hai, aku juga ikutan 30HBC lho, akun IG-nya apa? #eh
    Tapi yang ODOP masih belum berani dan pede nih. Karena menulis di blog beda dengan IG. Oke, ini mungkin alasan ya wkwkwk, tapi yang jelas nulis blog seminggu 3x aja sudah bagus banget, lah ini setiap hari? Oh no....

    BalasHapus
  3. Owh lagi ikutin tantangan toh, pantes update tiap hari hehe

    BalasHapus

Posting Komentar