Jejak Tulisan Kaki Kecil

Film Pendek Tilik, Fenomena Budaya Tilik Hingga Ghibah

4 komentar
Film pendek Tilik sempat viral di tahun 2020. Banyak yang memuji tentang cerita yang dianggap banyak terjadi di masyarakat itu dikemas dengan baik. Tetapi ada juga yang menyayangkan tentang film yang melibatkan dinas kebudayaan tersebut karena dianggap menjadi contoh buruk bagi masyarakat. 

Film Pendek Tilik

Tilik merupakan film pendek yang diproduksi oleh Ravacana Films bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan DIY. Di tayangkan untuk umum pada kanal youtube miliki Ravaca Films tahun 2020. Tilik mendapat penghargaan piala maya tahun 2018 sebagai film cerita pendek terpilih. Selain itu, tilik menjadi perwakilan dalam Jogja-NETPAC Asian Film Festival tahun 2018 dan World Cinema Amsterdam tahun 2019

Sinopsis

Tilik bercerita tentang ibu-ibu yang akan menjenguk Bu Lurah di rumah sakit dengan menggunakan truk. Sepanjang perjalanan menuju rumah sakit, Bu Tejo terus mengajak ibu-ibu untuk bergosip ria. 

Membicarakan tentang Dian, sebagai perempuan desa yang dianggap cantik dan sukses. Tetapi hal tersebut dianggap tidak wajar oleh Bu Tejo. Dengan percaya dirinya, Bu Tejo menceritakan apa yang diliatnya melalui sosial media tentang Dian. Hingga apa yang hanya diliatnya sekilas tanpa tau keseluruhan kejadiannya.

Ibu-ibu pun mulai percaya dan terhasut oleh Bu Tejo hingga menyetujui jika Dian dianggap perempuan tidak benar. Apalagi Dian akan menjadi menantu Bu Lurah, itu akan meresahkan warga desa dan bisa menjadi pengganggu rumah tangga orang lain. Tetapi masih ada Yu Ning, saudara jauh Dian, yang mengingatkan agar tidak begitu saja percaya dengan sosial media. Perlu mengecek kebenarannya.

Bu Tejo kesal dengan Yu Ning, hingga timbul adu mulut yang tak bisa dihindarkan. Hingga ibu-ibu tersebut sampai di rumah sakit. Ternyata kondisi Bu Lurah yang berada di ICU tak diperbolehkan untuk dijenguk dahulu. Hal tersebut dimanfaatkan untuk membalas Yu Ning yang memiliki ide untuk menjenguk Bu Lurah tanpa memastikan terlebih dahulu.

Lalu siapa yang benar Bu Tejo ataukah Yu Ning? Adegan terakhir dari film tilik yang akan menjawab pertanyaan tersebut.

Judul : Tilik
Penulis Skenario : Bagus Sumartono
Sutradara : Wahyu Agung Prasetyo
Tahun Tayang : 2020
Durasi : 32 menit

Pemeran Film Pendek

1. Siti Fauziyah sebagai Bu Tejo
2. Brilliana Desy sebagai Yu Ning
3. Angeline Rizky sebagai Bu Tri
4. Dyah Mulani sebagai Yu Sam
5. Lully Syahkisrani sebagai Dian
6. Hardiansyah Yoga Pratama sebagai Fikri
7. Tri Sudarsono sebagai Minto (ayah Fikri)
8. Tri Widodo sebagai Gotrek
9. Ratna Indriastuti sebagai Yati
10. Stephanus Wahyu Gumilar sebagai Polisi

Sudut Pandang tentang Film Tilik

Film yang sempat viral di tahun 2020 ini memang bagus menceritakan budaya yang seharusnya perlu dijaga hingga saat ini. Budaya tilik bisa menjadi penyambung silaturahmi. Tak hanya menjenguk orang sakit tetapi bisa juga menjenguk ibu yang baru saja melahirkan. 

Tetapi perlu memperhatikan adab agar budaya tilik tak membuat tuan rumah kerepotan. Terkadang kita akan menjenguk orang tanpa mempetimbangkan waktu dan menanyakan apakah boleh dijenguk atau tidak. Memang menjenguk orang itu bagus tapi jika tak membawa keberkahan maka akan merusak niat silaturahminya tersebut.

Selain itu, perlu juga mempertimbangkan untuk menjenguk hanya beberapa orang saja bergantian. Tidak terlalu ramai agar tak menganggu sang tuan rumahnya. Apalagi jika pergi secara ramai-ramai dan hanya melakukan gosip ria. 

Menurut kalian pesan apa yang terkandung dari film pendek tilik?
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

4 komentar

  1. banyak banget sih pesannya, apalgi di awal-awal agak kurang suka sama bu tejo yang telalu ceplaas - ceplos dalam berbicara . Eh tapi pas diakhirnya haduh buat saya mikir ehheheeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang ada bagusnya si mba jadi orang ceplas ceplos, cuma ya kalau ketemu orang macam Bu Tejo harus sabar-sabar aja hehe

      Hapus
  2. Saya suka waktu nonton film Tilik, emang agak out of the box sih. Tapi yaa itu cukup related dengan keadaan ibu-ibu yg hobi ghibah haha..
    Aku nontonnya waktu view masih 700rb-an kalo ga salah. Skrg view ny udah berapa juta yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau viewnya berapa mas, aku nonton gara-gara temanku update. Jadilah nonton

      Hapus

Posting Komentar