Jejak Tulisan Kaki Kecil

Saatnya Upgrade Warung Tradisional

Adanya perubahan zaman yang serba modern dan digital saat ini berdampak pada warung-warung kecil ataupun tradisonal yang ada disekitar kita. Sadar atau tidak itu berdampak pada mulai berubahnya perilaku masyarakat dalam berbelanja. Dahulu masyarakat bergantung pada warung kecil hanya sekedar membeli satu dua barang sekarang memilih untuk berbelanja di minimarket. Alasannya? Lebih lengkap? Lebih nyaman? Lebih bersih? 

Jika hal tersebut dibiarkan begitu saja apa yang akan terjadi? Mungkin warung-warung kecil akan semakin sedikit jumlahnya dan punah. Layaknya jumlah ojek pangkalan yang semakin sedikit dan berpindah ke ojek online, perlu adanya perubahan yang dilakukan oleh warung-warung tradisional. Sehingga warung-warung tersebut dapat bersaing dengan minimarket modern yang ada.

Setidaknya warung akan lebih mudah ditemukan dibanding minimarket modern. Apa yang ditemukan di gang kecil, minimarket atau warung? Apa yang lebih mudah perijinannya, minimarket atau warung? Apa yang modalnya lebih kecil, minimarket atau warung?

Lalu apa yang harus dilakukan agar warung tradional dapat berubah menjadi warung modern dan digital? Tak perlu pusing modal banyak, perijinan sudah, dan ketakutan-ketakutan lainnya. Saat ini banyak yang menawarkan  warung-warung kecil untuk menjadi mitra kerja, salah satunya kudo. 


Apa sih itu kudo?

KUDO merupakan kepanjangan dari Kios Untuk Dagang Online. Kudo adalah sebuah perusahaan teknologi yang menciptakan sebuah platform yang memberikan peluang kepada jutaan rakyat Indonesia untuk memiliki peluang usaha dengan menjadi reseller jutaan produk dari berbagai merchant ternama.




Apa kelebihannya warung yang menjadi mitra kudo?

Dengan bergabung dengan mitra kudo, maka warung tradisonal akan berubah menjadi Warung Digital Serba Bisa. Bisa apa aja sih?

Sembako merupakan kebutuhan pokok sehari masyarakat. Salah satu keuntungan menjadi mitra kudo adalah grosir sembako. Agen dapat melakukan pemesanan sembako online pada aplikasi dan nantinya pesanan akan dikirim. Modal awal yang dibutuhkan agen kudo pun relatif kecil yaitu 10 ribu rupiah maka dapat langsung berjualan tanpa perlu menyetok barang.


Dengan menjadi mitra kudo maka warung dapat melakukan transfer uang. Adanya fasilitas pengiriman uang, maka masyarakat dapat melakukannya di warung tanpa harus perlu ke atm ataupun bank. Masyarakat pun akan lebih mudah, cepat, dan aman dalam melakukan transfer uang kemanapun.


Zaman sekarang hp seperti menjadi kebutuhan pokok, hampir semua memilikinya. Tapi hp tanpa pulsa apa gunanya? Sehingga siapapun yang memiliki hp pastinya membutuhkan pulsa. Hal tersebut difasilitasi oleh agen kudo. Menjadi mitra kudop, agen bisa melakukan bisnis pulsa. Sehingga masyarakat yang membutuhkan dapat pergi ke warung untuk mengisi pulsa.

  • PPOB (Payment Point Online Bank)
PPOB merupakan fasilitas yang akan dapat dilakukan oleh agen kudo. Pembayaran apapun melalui online dengan fasilitas bank. Bayar tagihan listrik? PDAM? cicilan motor? asuransi? atau apapun dapat dilakukan di warung yang menjadi mitra kudo. Semua cicilan dapat dibayarkan dalam satu tempat.

Bayar tagihan telepon tidak perlu repot, hanya dengan pergi ke agen kudo maka dapat membayar tagihan telepon. Bayar tagihan telepon jadi lebih mudah dan dekat kan?

Maraknya ojek online, maka agen kudopun memfasilitasi untuk melakukan pendaftaran. Tanpa perlu pergi ke kantor grab, maka masyarakat yang ingin mendaftar dapat pergi ke warung yang menjadi mitra kudo.

Masyarakat yang ingin membeli tiket kereta dapat melakukannya ke warung yang menjadi mitra kudo. Pembelian tiket kereta akan menjadi lebih mudah dan dekat. Tanpa perlu jauh-jauh pergi ke stasiun, maka masyarakat dapat pergi ke agen kudo saja jika ingin pergi menggunakan kereta api.



Waaah, jadi agen kudo ternyata banyak ya kelebihannya. Jadi nggak perlu lagi jauh-jauh untuk melakukan apa aja, tinggal jalan ke warung terdekat yang menjadi agen kudo. 

Untuk berubah menjadi warung serba bisa perlu adanya kemauan untuk berubah dari pemiliknya. Layaknya para pejuang yang memiliki keinginan untuk merdeka. Para pejuang dalam memperjuangkan kemerdekaan pun perlu bantuan dari masyarakat. Kudo hanya memfasilitasi agak warung tradisional dapat bersaing dengan minimarket yang lebih modern, tapi perlu ada usaha dari pemiliknya.


"Saatnya upgrade warung tradisonal menjadi warung digital serba bisa dengan Kudo sekarang" 
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar