Jejak Tulisan Kaki Kecil

Mata yang Berkhianat

21 komentar
Pertama kali melihat poster kajian yang muncul di instagram dengan judul mata pengkhianat yang terlintas adalah ciri-ciri mata orang pengkhiatan. Ternyata salah besar!

Nyatanya hal tersebut membahas tentang mata yang berkhianat, lho emang bisa ya?
Bisa dan mungkin kita sering melakukannya tanpa sadar.


"Dia mengetahui (pandangan) mata yang khianat dan apa yang tersembunyi dalam dada."
(QS Ghafir : 19)

Penjelasan ayat diatas menurut Ibn Abbas radhiyallahu 'anhuma :

"Yaitu ketika seorang lelaki yang sedang bersama dengan teman-temannya. Lalu lewatlah wanita di depan mereka. Lelaki tersebut berpura-pura menundukkan pandangan mata. Bila merasa teman-temannya tidak memperhatikannya, maka dia melirik wanita tadi. Namun jika ia khawatir mereka memergokinya, maka iapun kembali menundukkan mata. Sungguh Allah mengetahui keinginan hatinya untuk melihat aurat wanita tersebut."(Diriwayatkan oleh Ibn Abi Syaibah dalam Al-Mushanna)


Jadi gimana? Sering nggak mata kita berkhianat?
Bukan sekedar menundukkan pandangan saat bertemu di dunia nyata tapi dunia maya, dimana foto-foto bertebaran. Awalnya nggak sengaja liat di explore eeeh malah jadinya scrolling di akunnya. Di save segala atau bahkan dijadikan wallpaper hp.

Itu berlaku bukan hanya untuk laki-laki tapi perempuan juga. Lha kok bisa? Iyalah liat yang ganteng dikit langsung belok matanya. Iya gak? 

"Lha aku kan gak berkhianat? Aku terang-terangan ngeliatnya."

Lha malah bangga bangga? Seharusnya malu dan sadar, belajarlah dari orang-orang yang menundukkan pandangan, bukan malah merasa lebih baik dari sang mata pengkhianat.

Belum tentu yang terlihat shalih di hadapan manusia itu shalih juga di hadapan Allah. Terkadang orang memilih berpura-pura agar nampak baik, padahal kenyataannya tidak. Lalu apa untungnya? Hanya mendapat penilaian baik dari manusia saja. 

Mengatasi Kebiasaan Mata Pengkhianat

Kebiasaan buruk biasanya sulit untuk diubah, tapi apa salahnya dicoba?

  • Tingkatkan Muqarabah
Apa sih muqarabah? Salah satu ibadah yang mulia dalam islam yang memiliki makna selalu diawasi oleh Allah.
"Sungguh Dia mengetahui yang terang dan tersembunyi"

(QS. Al-A'la : 7)

Dengan merasa selalu diawasi Allah 24/7, maka akan malu bila melakukan sesuatu hal yang buruk. Layaknya kita kalo ada polisi dan melakukan pelanggaran pastikan kabur. Layaknya lagi ujian terus nyotek dan ketauan guru pastikan malu. Coba tanamkan perasaan itu, dengan merasa Allah akan mengawasi kita kapanpun dan dimanapun.


  • Ingat! Yang Halal Lebih Nikmat
Kok bisa nikmat? Karena disaat kita meninggalkan sesuatu yang buruk, insya Allah akan digantikan yang lebih baik oleh Allah.
"Setiap engkau meninggalkan sesuatu karena Allah, sungguh Dia pasti akan menggantikan untukmu sesuatu yang lebih baik"

(HR Ahmad)
Maka, saat godaan setan untuk melakukan hal yang buruk ingatlah, yang halal akan lebih nikmat!


Hayuklah jangan jadi mata pengkhianat lagi, masa mau dijuluki sang pengkhianat karena selalu berkhianat. Lakukan dari hal kecil saja, misal sortir akun-akun yang di follow di ig yang bisa menjadi sumber mata untuk berkhianat. Karena dunia maya hanya kita yang bisa mengontrolnya, sedangkan dunia nyata akan ada sahabat yang bisa mengingatkan.



Sumber : Kajian "Mata Pengkhianat" oleh Abdullah Zaen, Lc. MA
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

21 komentar

  1. hiksss... masih termasuk mata pengkhianat...

    BalasHapus
  2. 😭😭😭. Terimakasih sudah mengingatkan mbaaaaakk

    BalasHapus
  3. thanks mba tipsnya untuk mengatasi si mata pengkhianat :)

    BalasHapus
  4. Jazakillah khairan ilmu nya Mbaa

    BalasHapus
  5. Jazajillah khayr sharing nya mba..

    BalasHapus
  6. Cara utk ningkatin muqarabah gmna ya mba?

    BalasHapus
  7. Astaghfirullah...muhasabah diri, sepertinya msh termasuk didalamnya 😔
    Nice sharing mba 🙏

    BalasHapus
  8. Setuju mba. Yang halal memang lebih nikmat 🥰

    BalasHapus
  9. Allahu Akbar kadang suka ga sadar...
    Makasih mba reminder nya...

    BalasHapus
  10. Nice sharing mba,semoga bisa lebih baik menjaga mata aamiin

    BalasHapus
  11. Barakallah fiik, bagus banget as reminder...

    BalasHapus
  12. ya Allah, merasa tertampar, hiks hiks, makasih infonya mba, bagus banget untuk bahan muhasabah diri

    BalasHapus
  13. Auto sortir yg difollow di IG. Terima kasih sudah mengingatkan mba

    BalasHapus
  14. Terima kasih sudah mengingatkan Mba 😊

    BalasHapus
  15. jaga hati dan juga jaga pandangan itu adalah sebuah PR besar, karena mata adalah penerima gambar dan diteruskan ke otak untuk diterjemahkan. Semangat!

    BalasHapus
  16. Masya Allah.. Jazaakillah khair Mbak

    BalasHapus

Posting Komentar