Jejak Tulisan Kaki Kecil

Ilmu Pernikahan

Yang aku sadari akhir-akhir ini, ternyata ilmu pernikahan itu lumayan penting buat yang ngebet nikah maupun buat yang takut nikah, atau yang sudah nikah sekalipun. KENAPA?

Buat yang takut nikah akan belajar banyak hal, akan menemukan alasan kenapa si selama ini takut nikah? Apa si alasannya? Gimana si cara mengatasinya? Mungkin ketakutan ini muncul ketika melihat adanya kegagalan pernikahan, membuat kita berpikir panjang, gimana nanti kalo nikahnya juga gagal? Akupun begitu, tapi dengan belajar banyak hal, kita akan mengetahui fakta-fakta pernikahan sesungguhnya tanpa ditutup-tutupi. Bukan seperti dunia dongeng yang ketika menikah semua bahagia, happily ever after. Padahal apa si kebahagian kekal yang sebenarnya? Selama hidup bukannya akan selalu ada masalah? Pernikahan bukan solusi atas segala masalah yang ada.

Atau buat yang ngebet nikah, liat temen-temennya nikah punya anak baper. Liat adek kelas nikah merasa dilangkahi. Nyesek rasanya ya? Kok aku masih gini-gini aja. Belum ada tanda-tanda jodoh datang. Ya udah belajar dulu sebelum menikah, belajar banyak hal untuk mempersiapkan itu nantinya. 
Udah ngerasa punya bekal banyak? Udah merasa baik akhlaknya? Udah merasa pantes jadi istri sholehah? Udah merasa siap jadi ibu? Udah siap kalo apa-apa ijin suami?
Kalo yang cowok, udah siap dititipin tanggungjawab? Sama dirinya udah bertanggungjawab belum? Sebelum nantinya jadi berdua, bertiga dan dst yang akan kamu tanggung.
Dengan belajar ilmu pernikahan yang tadinya ngebet jadi mikir lagi, ternyata ilmuku masih kurang, makannya Allah belum mempertemukan aku dengan dia. Atau masih dikasih waktu sama Allah untuk mengejar prestasi-prestasi yang nantinya bisa dibanggakan pada pasangan.

Belajar ilmu pernikahan itu banyak, mungkin awalnya itu, tapi jadinya malah domino effect menurutku. Jadi memicu belajar hal lain, macam akidah, fiqih, sirah nabawiyah, ilmu parenting, ilmu masak memasak, ilmu bisnis dll. Karena paham nantinya ketika menikah akan lebih banyak permasalahan lebih besar yang akan hadir. Tapi jangan takut, karena ketika kita punya ilmu maka akan dengan mudah segala masalah terurai. Masalah yang datang pasti sudah ditakar oleh Allah sesuai kemampuan kita. Jadi berkhusnudzonlah pada Allah.
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar