jejak tulisan si kaki kecil

Cek Daftar Makanan Agar Anak Tumbuh Tinggi dan Cerdas!

Konten [Tampil]
Cek Daftar Makanan Agar Anak Tumbuh Tinggi dan Cerdas!

Hai, kawan si Kici!

Siapa nih yang sedang mencari daftar makanan agar anak tumbuh tinggi? Apalagi anak yang memiliki tinggi ideal pasti selalu menjadi impian para orang tua. Jadi kita sebagai orang tua harus paham apa si makanan yang dibutuhkan agar anak bisa mendapatkan tinggi badan yang ideal.

5 Daftar Makanan Agar Anak Tumbuh Tinggi

Makanan menjadi nutrisi agar anak tumbuh tinggi. Jadi nggak boleh sembarangan dalam memberikan makanan. Nah, berikut ada lima makanan yang bisa menjadikan anak tumbuh tinggi dan cerdas!

1. Sayuran Hijau

Hmm, sayuran terkadang menjadi musuh bagi anak. Namun, tau nggak si kalau sayuran apalagi yang berwarna hijau ternyata bisa berpengaruh pada tinggi anak. Apalagi sayur hijau seperti kubis dan bayam mengandung nustrisi yang tinggi.

Adanya kandungan vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, potasium, dan vitamin K cukup berpengaruh pada kepadatan tulang yang nantinya berpengaruh pada tumbuh kembang dan tinggi badan anak.

2. Ikan dengan Lemak

Lemak? Siapa nih yang takut dengan makanan berlemak? Eiits, ternyata ikan yang memiliki lemak bagus loh untuk tumbuh kembang anak. Apalagi salmon yang mengandung asam lemak Omega 3. Kandungan tersebut termasuk lemak yang sehat dan cukup berpengaruh pada pertumbuhan anak.

Omega 3 pada ikan salmon dalam suatu penelitian ternyata dapat membantu menaikkan tinggi badan balita yang mengalami stunting. Sehingga ikan berlemak dapat dikonsumsi dengan rutin jika ingin mendapatkan tinggi badan yang ideal.

3. Telur

Telur terkenal sebagai protein yang dapat membantu dalam menyebuhkan luka. Namun, telur pun ternyata dapat menjadi makanan yang baik dikonsumsi untuk menambah berat badan anak. Apalagi telur sangat mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan yang disukai anak-anak.

Selain sebagai protein, ternyata telur memiliki berbagai mikronutrien seperti vitamin D, vitamin B, dan zat besi.

4. Daging merah

Daging mengandung banyak protein dan kaya akan vitamin A, B, D. Kandungan daging ini berguna dalam membentuk jaringan tubuh dan produksi antibodi yang dapat melindungi tubuh dari infeksi.

Dalam sebuah penelitian, daging yang rutin dikonsumsi dapat mengurangi resiko stunting pada balita. Sehingga daging bisa menjadi makanan pilihan untuk dikonsumsi agar anak tumbuh tinggi.

5. Susu

Nah, makanan yang terakhir ini tentu juga bukan hal yang asing. Apalagi susu mengandung banyak nutrisi untuk tumbuh kembang anak seperti, protein, potasium, seng, vitamin A, dan vitamin D>

Susu memang baik untuk anak tetapi pastikan anak tidak alergi pada susu apalagi susu sapi yang memang banyak beredar yang pasaran. Selain itu, hindari memberikan susu pada anak yang mengalami intoleransi laktosa.

Nah, gimana nih udah nggak bingung kan sama daftar makanan agar anak tumbuh tinggi? Atau ada rekomendasi makanan lain yang juga berpengaruh pada tumbuh kembang dan kecerdasan anak? Yuk, tulis di kolom komentar ya!
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar