jejak tulisan si kaki kecil

Inilah Perbedaan Visa dan MasterCard yang Wajib Diketahui

Konten [Tampil]
Kartu Visa

Hai, kawan si Kici!

Setiap pemegang dan pengguna kartu kredit pastinya sudah tidak asing dengan Visa maupun MasterCard. Apa sebenarnya yang menjadi perbedaan Visa dan MasterCard, logo yang biasanya terdapat di bagian kanan bawah kartu kredit tersebut. Apakah perbedaan tersebut juga akan berpengaruh pada merchant-merchant dengan kedua logo itu?

Iya dong, logo Visa dan MasterCard bukan hanya terdapat pada kartu kredit saja, tetapi juga sering dilihat di toko-toko tertentu, mesin ATM dan sebagainya. Mengapa perbedaan antara Visa dan MasterCard perlu diketahui? Salah satunya supaya nasabah tahu pasti mana yang akan dipilihnya saat akan membuat kartu kredit di bank.

Perbedaan Visa dan MasterCard

Biasanya memang petugas Customer Service (CSO) bank akan menanyakan kepada nasabah, ingin membuat kartu kredit Visa atau MasterCard? Jika tidak mengetahui apa saja yang membedakan keduanya, pastinya nasabah akan kebingungan mana yang lebih sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya. Berikut ini adalah perbedaan antara kartu Visa dan MasterCard:

1. Perusahaan Penerbit/Provider

Perbedaan yang pertama jelas adalah perusahaan penerbit atau provider dari kartu kredit. Visa adalah produk dari perusahaan yang berasal dari VISA Inc, di Foster City, California, USA. Visa International Service Association berdiri sejak tahun 1955.

Sedangkan MasterCard dibuat oleh perusahaan yang berinduk di New York, USA bernama MasterCard Worldwide. Perusahaan MasterCard berdiri pada tahun 1966. Visa dan MasterCard memang bersaing ketat sebagai provider credit card terbesar di dunia.

2. Jangkauan dan Popularitas

Visa dan MasterCard keduanya sama-sama populer dan memiliki nama besar di sektor finansial. Begitu juga dengan jangkauannya, keduanya sama-sama digunakan oleh banyak merchant di seluruh dunia. Hanya saja untuk penduduk di negara-negara Asia, termasuk Indonesia memang lebih banyak menggunakan Visa.

Sedangkan MasterCard lebih populer di negara-negara Eropa dan Amerika. Namun, untuk jangkauan keduanya sama-sama luas dan memiliki banyak merchant. Kartu kredit Visa digunakan pada merchant yang memiliki logo Visa, begitu juga kartu kredit MasterCard, hanya dapat dipakai untuk belanja di merchant yang berlogo MasterCard.

3. Perlindungan kepada Nasabah

Sebagai provider yang digunakan oleh begitu banyak orang di seluruh dunia, baik Visa maupun Mastercard sangat menjaga keamanan kartu kredit saat digunakan untuk transaksi. Cara Visa untuk melindungi keamanan pada para nasabahnya adalah dengan memasukkan PIN statis atau dikenal sebagai OTP.

Sementara itu MasterCard memilih menggunakan secure code sebagai bentuk perlindungan kepada para nasabahnya. Setiap akan melakukan transaksi menggunakan kartu kredit, nasabah harus memasukkan PIN tambahan yang disebut secure code tersebut.

4. Biaya Transaksi

Perbedaan selanjutnya adalah pada besaran biaya transaksi yang harus ditanggung oleh pengguna kartu kredit. Kartu kredit dengan logo Visa biasanya memberikan biaya tambahan atau biaya transaksi sebesar 1% ketika digunakan di luar negeri.

Bagaimanakah dengan MasterCard? Biaya kartu MasterCard berbeda-beda, tergantung juga merchant tempat melakukan transaksi. Kisaran biaya transaksi kartu MasterCard yaitu 0,2%-1% dari total pembelian.

5. Jenis Kartu Kredit

Baik Visa maupun MasterCard mempunyai beberapa jenis kartu kredit, yaitu :

a. Visa

  • Visa Infinite
  • Visa Classic
  • Visa Gold
  • Visa Platinum

b. MasterCard

  • World MasterCard
  • World Elite MasterCard
  • MasterCard Classic
  • MasterCard Gold
  • MasterCard Platinum

Setelah mengetahui apa saja perbedaan Visa dan Mastercard maka setiap nasabah tidak akan kebingungan lagi harus memilih yang mana jika ditanya oleh CSO bank. Salah satu kartu kredit terbaik adalah kartu visa dari Bank Danamon, yang mempunyai banyak kelebihan. Segera buat kartu Visa dari Danamon dan dapatkan keuntungannya.

Sumber :
https://www.cnbcindonesia.com/mymoney/20220329161209-72-326990/perbedaan-kartu-kredit-visa-mastercard-mana-lebih-untung
https://www.cermati.com/artikel/perbedaan-kartu-kredit-visa-dan-mastercard
https://www.qoala.app/id/blog/keuangan/kredit/perbedaan-visa-dan-mastercard/
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar