jejak tulisan si kaki kecil

Apa perbedaan antara Mobil MPV dan Mobil SUV?

Konten [Tampil]
Beda SUV dan MPV, Apa si? Wajib Tau Ketika Beli Mobil!

Keberadaan mobil Multi Purpose Vehicle (MVP) dan Sport Utility Vehicle (SUV) sudah tak asing lagi. Kedua model mobil ini sangat populer karena dikenal sebagai mobil serba bisa.

Mau bawa banyak penumpang bisa, bawa barang-barang lebih banyak bisa, dibawa perjalanan jauh atau dekat juga bisa. Karena serba bisa ini, keduanya dianggap mobil yang paling menjawab kebutuhan pengguna mobil di Indonesia. Tak heran jika keduanya laris manis di pasaran.

Mungkin dari sudut pandang masyarakat yang tidak terlalu antusias dengan otomotif, MVP dan SUV terlihat sama saja. Malah tak jarang banyak orang yang tertukar antara keduanya karena kemiripannya.

Padahal sebenarnya mobil MVP dan SUV memiliki banyak perbedaan. Bagi Anda yang berniat untuk membeli kendaraan mobil baru, baiknya mengenali dulu model apa mobil yang Anda pilih. Salah satunya mengenali perbedaan mobil MPV dengan mobil SUV.

Beda fungsi beda manfaat

Meski secara kasat mata keduanya sangat mirip, namun sebenarnya baik SUV maupun MPV memiliki fungsi yang berbeda. Bentuk, ukuran sampai kekuatan mesin keduanya juga disesuaikan dengan kebutuhan.

Seperti namanya, Sport Utility Vehicle atau SUV dirancang khusus tak hanya mampu melintasi berbagai macam medan yang tentunya bukan mobil sembarangan yang sanggup untuk melewatinya. Seperti jalanan bergelombang di perbukitan bahkan semi off-road layaknya mobil sport, mobil SUV seharusnya mampu melalui medan ini.

Sementara MVP memang dari awal didapuk sebagai mobil untuk mengangkut penumpang. Sehingga kebanyakan MVP lebih menitikberatkan fitur kenyamanan dan keamanan dalam kabin, agar fungsinya bisa semakin maksimal.

Walaupun kini tak jarang juga mobil SUV yang juga dilengkapi dengan fitur keamanan dan kenyamanan penumpang tersebut, inilah juga yang jadi alasan fungsi mobil MPV dan mobil SUV semakin sulit dibedakan oleh mereka yang awam.

Bodi mobil

Perbedaan yang signifikan keduanya terlihat juga pada ground clearance yang terlihat pada bodi mobil. Mobil SUV dirancang dengan bodi yang lebih tinggi, karena memang peruntukannya agar bisa melewati berbagai medan. Biasanya SUV memiliki ground clearance di atas 200 milimeter.

Sementara mobil MPV dirancang untuk nyaman dikendarai di jalanan perkotaan, sehingga ground clearance-nya lebih rendah. Mobil MPV cenderung lebih menitikberatkan desain mobil yang elegan dan modern, tentunya agar pengemudi serta penumpang juga semakin nyaman dan leluasa sepanjang perjalanan.

Ban mobil

Mobil SUV biasanya menggunakan ban yang lebih besar dari mobil MPV, yaitu 15 inci ke atas. Agra tangguh melintasi berbagai medan mulai dari jalan raya hingga jalanan terjal semi off-road, mobil SUV menggunakan ban yang tebal dan kasar.

Namun seiring berjalannya waktu, belakangan ini mobil MPV juga sudah banyak menggunakan ban berukuran 15 inci dan profil yang sangat mirip dengan ban mobil SUV. Tujuannya agar mobil terlihat semakin sporty dan tangguh tapi tetap nyaman dikendarai.

Salah satu mobil MPV yang juga memiliki keunggulan mobil SUV tersebut adalah All New Ertiga Suzuki Sport.

Mobil MPV Suzuki yang laris manis di pasaran ini tak hanya nyaman dikendarai dan cocok untuk mobil keluarga, tapi juga tangguh dengan desain mobil yang semakin gagah serta ground clearance yang semakin tinggi. Sehingga tetap bisa melaju dengan nyaman meski saat harus melewati medan yang tak terduga.

Kombinasi antara kenyamanan dan ketangguhan mobil Suzuki ini, membuat All New Ertiga Suzuki Sport layak dijuluki sebagai MPV terbaik di pasaran.
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar