jejak tulisan si kaki kecil

Alokasikan Gaji ke Aplikasi Investasi Terbaik Sekarang!

Konten [Tampil]
Alokasikan Gaji ke Aplikasi Investasi Terbaik Sekarang!

Hai, kawan si Kici!

Saat ini, kegiatan berinvestasi menjadi semakin mudah dengan munculnya beragam aplikasi untuk berinvestasi. Namun, tahukan Anda bagaimana cara memilih aplikasi investasi terbaik?

Di tengah menjamurnya beragam platform investasi, investor harus bisa memilih secara saksama agar tujuan berinvestasi dapat tercapai. Simak yuk apa saja ciri aplikasi investasi terbaik serta tips bagi para investor untuk mengalokasikan gaji yang dimilikinya.

Cara Mengalokasikan Gaji ke Aplikasi Investasi Terbaik

Di tengah edukasi mengenai literasi finansial yang semakin mudah ditemukan, turut hadir pula beragam produk investasi yang bisa investor pilih. Diantara sekian banyak pilihan, Anda bisa memilih Reksadana di aplikasi investasi terbaik untuk mencapai berbagai tujuan di masa depan.

Lalu apa saja yang membuat jenis investasi ini sebaiknya Anda pilih? Berikut keunggulan yang dimiliki Reksadana, yaitu:
  • Kinerja Reksadana diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga akan menambah rasa aman serta nyaman para investor.
  • Reksadana merupakan produk investasi yang jenisnya bisa didiversifikasi sehingga dapat menghindari risiko investasi. Anda pun dapat memulainya di aplikasi investasi terbaik dengan nominal kecil.
  • Reksadana merupakan jenis investasi yang cocok bagi investor yang tidak memiliki waktu untuk melakukan analisa. Hal ini karena Manajer Investasi (MI) akan membantu memilihkan dan memandu Anda menemukan produk yang tepat sesuai dengan profil risiko serta tujuan investasi yang Anda miliki.

Investasi merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan sejak dini karena memiliki berbagai keuntungan, salah satunya untuk mempersiapkan kebutuhan di masa depan. Namun, bagaimana cara mengalokasikan gaji untuk investasi, sementara ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi? Nah, begini tipsnya:
  • Biasakan mencatat pemasukan dan pengeluaran untuk mengetahui cash flow keuangan. Hal ini karena ada banyak keuntungan yang akan didapat, misalnya Anda akan mengetahui secara pasti kebutuhan yang harus dipenuhi setiap bulannya. Saat sudah mengetahui nominal pasti, hal ini dapat Anda jadikan pedoman uang yang harus didapatkan agar kebutuhan terpenuhi.
  • Saat kebutuhan ternyata lebih besar dibanding gaji bulanan, Anda bisa menentukan langkah selanjutnya, apakah akan melakukan downgrade lifestyle atau mencari uang tambahan.
  • Selain mengetahui jumlah kebutuhan, dengan cash flow, Anda akan tahu pos-pos apa saja yang menyebabkan bocor alus keuangan yang membuat gaji selalu kurang, pos apa saja yang bisa ditunda dan lain sebagainya untuk memperbaiki kondisi finansial ke depannya.
  • Dalam mencatat cash flow, Anda bisa melakukannya secara manual maupun dengan bantuan aplikasi pencatat keuangan. Awal membiasakan hal ini, mungkin akan terasa berat. Namun saat sudah terbiasa, justru hal ini terasa ringan dan Anda akan mendapatkan banyak manfaatnya.
  • Miliki dana darurat untuk menghindarkan Anda dari utang baru akibat kejadian di luar prediksi, misalnya pemberhentian kerja yang dilakukan secara mendadak. Dengan memiliki dana darurat maka Anda bisa tetap mencukupi kebutuhan sambil mencari pekerjaan pengganti.
  • Miliki proteksi atau asuransi untuk mengantisipasi salah satu risiko makhluk hidup, yaitu sakit yang pastinya membutuhkan biaya..
  • Pastikan cicilan tidak lebih dari 30% dari total gaji agar Anda bisa tetap memenuhi kebutuhan dan memiliki uang untuk investasi. Anda dapat mengalokasikan 40% gaji untuk memenuhi kebutuhan, maksimal 30% untuk cicilan, 20% untuk investasi dan 10% sisanya untuk amal.
  • Mulai dari nominal yang mampu diupayakan namun konsisten. Berinvestasi tidak harus dilakukan dengan nominal besar karena yang terpenting ialah menjaga habit agar konsisten.

Gunakan Aplikasi Investasi Terbaik untuk Kegiatan Investasi Anda

Adapun ciri dari aplikasi investasi yang aman antara lain:

Telah Terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Pastikan Anda melakukan investasi Reksadana hanya di aplikasi yang telah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk menghindari kerugian karena dana investasi dilarikan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pilih Aplikasi Investasi yang Bekerja dengan Manajer Investasi Profesional

Dalam melakukan investasi Reksadana, Anda akan dibantu oleh Manajer Investasi (MI), sehingga pastikan Anda memilih Manajer Investasi profesional dan terpercaya.

Kemudahan saat Bertransaksi

Investasi dilakukan untuk mengamankan dan menumbuhkan uang, jadi pastikan Anda memilih aplikasi untuk investasi yang memberi kemudahan saat bertransaksi. Tidak hanya kemudahan saat pembelian namun juga kemudahan untuk menjualnya.

Data Privasi Aman

Saat membeli Reksadana, akan dibutuhkan berbagai data pribadi seperti nama, tanggal lahir hingga nama ibu kandung. Pastikan aplikasi yang Anda pilih terpercaya dalam menjaga data pribadi Anda agar tidak bocor dan disalahgunakan. Penting bagi Anda untuk membaca syarat dan ketentuan yang berlaku.

digibank by DBS: Rekomendasi Aplikasi Investasi Terbaik

Dalam rekomendasi aplikasi investasi terbaik, Anda bisa mengandalkan digibank by DBS yang memiliki beragam fitur untuk mendukung kegiatan investasi Anda. digibank by DBS memberikan berbagai kemudahan dalam urusan perbankan, antara lain:

Aplikasi Investasi Terbaik

Buka rekening tanpa harus ke bank

Praktis karena pembukaan rekening dapat dilakukan dari manapun tanpa harus ke bank melalui Aplikasi digibank by DBS. Anda juga tidak perlu mengisi dokumen hingga berlembar-lembar yang tentunya memakan waktu.

Proses verifikasi yang mudah dilakukan

Lewat Aplikasi digibank by DBS, Anda bisa lakukan verifikasi melalui face biometric. Anda hanya perlu menyiapkan e-KTP kemudian dilanjutkan mengisi biodata dan melakukan verifikasi wajah menggunakan kamera depan handphone. Selain paperless, pembukaan rekening dilakukan 100% daring.

Gratis biaya transfer dan Tarik Tunai

Anda juga bisa melakukan transfer gratis dan penarikan di ATM mana saja tanpa dikenakan biaya tambahan. Syaratnya, Anda hanya perlu memiliki minimal saldo rata-rata Rp1 juta per bulan.

Tunggu apa lagi, kini saatnya membuka rekening dan memulai investasi bersama digibank by DBS. Nah, itulah beberapa cara mengalokasikan dana untuk investasi Reksadana menggunakan aplikasi investasi terbaik.
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar