jejak tulisan si kaki kecil

7 Kerusakan Mobil yang Ditanggung Asuransi Mobil Terbaik

Konten [Tampil]
7 Kerusakan Mobil yang Ditanggung Asuransi Mobil Terbaik

Hai, kawan si Kici!

Siapa nih yang sedang mencari asuransi mobil terbaik? Jika memiliki premi asuransi mobil berarti akan ada hal yang akan ditanggung oleh pihak asuransi jika sesuatu terjadi pada mobil. Nah, agar tidak bingung dan salah kaprah, sebaiknya simak dulu penjelasan tentang jenis kerusakan mobil yang akan ditanggung oleh asuransi mobil terbaik di Indonesia.

7 Kerusakan yang Ditanggung Asuransi Mobil

Berdasarkan Bab pertama tentang Jaminan di Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia, ada beberapa jenis kerusakan mobil yang akan ditanggung. Kira-kira apa aja ya jenis resiko atau kerusakan yang akan ditanggung pihak asuransi? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

1. Tabrakan, Benturan, Terbalik, Tergelincir, atau Terperosok

Kecelakaan berupa kecelakaan berupa tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, maupun terperosok akan ditanggung oleh pihak asuransi. Bahkan untuk kecelakaan tunggal pun pihak asuransi akan memberikan ganti rugi untuk kerusakan yang terjadi pada mobil.

2. Perbuatan Jahat

Kerusakan mobil yang terjadi ketika mengalami kejahatan, seperti vandalisme, demo, dan lainnya yang disengaja maka asuransi mobil akan menanggung perbaikknya. Namun, perlu dipastikan jika perbuatan jahat ini bukan berasa dari orang terdekat atau keluarga.

3. Pencurian

Pencurian yang bisa klaim asuransi ini termasuk pencurian yang didahului atau disertai atau diikuti dengan kekerasan ataupun ancaman. Kekerasan ini sesusai dalam Pasal 362, 363 ayat (3), (4), (5) dan Pasal 365 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Ketika kita berhadapan dengan pencuri mobil yang membawa senjata, sebaiknya kita tidak melawan karena bisa membahayakan nyawa. Kasus pencurian dengan kekerasan ini sudah dijamin akan mendapatkan ganti rugi dari perusahaan asuransi. Jangan lupa laporkan ke pihak berwajib jika terjadi pencurian dan lakukan klaim asuransi.

4. Kebakaran

Kebakaran yang akan dicover oleh asuransi adalah kebakaran yang terjadi akibat adanya kebakaran di tempat lain yang berdekatan. Bisa berdekatan dengan mobil langsung atau berdekatan dengan tempat penyimpanan kendaraan bermobil. Jadi mobil terbakar setelah terjadi kebakaran di tempat lain.

Kebakaran lain yang ditanggung adalah kebakaran akibat sambaran petir. Kebakaran akibat bencana atau musibah yang tidak bisa diprediksi. Kemudian kerusakan air dan/atau alat-alat lain yang dipergunakan untuk mencegah atau memadamkan kebakaran. Dimana saat memadamkan kebakaran ada kemungkinan terjadinya gores, pecah, konslet dan lainnya akibat upaya memadamkan api tersebut.

Terakhir adalah dimusnahkannya seluruh atau sebagian Kendaraan Bermotor atas perintah pihak yang berwenang dalam upaya menjalarnya kebakaran itu. Ada sebuah kejadian yang mengharuskan mobil dirusakkan sebagian atau seluruhnya untuk mencegah api menjalar ke tempat lain. Jika terjadi hal seperti itu, maka tak perlu khawatir karena pihak asuransi akan menanggungnya.

5. Kerusakan di Atas Kapal

Pernahkan mendengar berita mobil terbakar di atas kapal laut atau mobil yang rusak akibat kecelakaan kapal laut? Jika sesuatu terjadi di atas kapal laut saat sedang membawa mobil, janganlah panik!

Pastikan menyelamatkan diri sendiri terlebih dahulu karena itu hal yang utama. Sedangkan urusan mobil serahkan saja kepada pihak asuransi. Apalagi lagi jika kapal laut berada di bawah pengawasan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat atau badan resmi negara lainnya maka tak perlu khawatir karena asuransi akan menanganinya.

6. SRCC (Strike, Riot, and Civil Commotion)

SRCC adalah istilah resmi dari perlindungan mobil akibat kerusuhan yang ditimbulkan oleh massa. Sering kali banyak pengendara mobil yang terjebak dalam kerusuhan, demo hingga perang antar warga. Hal ini menyebabkan mobil mengalami kerusakan, kebakaran, hingga ledakan. Asuransi mobil bisa melindungi mobil jika menjadi korban dari terorisme dan sabotase.

7. Bencana Alam

Bencana alam, seperti angin topan, banjir, badai, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi adalah hal yang tak bisa diprediksi. Kerusakan mobil akibat bencana alam ini bisa menjadikan mobil rusak berat hingga rusak total.

Asuransi mobil hadir untuk melindungi mobil dari bencana alam agar tak mengalami kerugian besar dua kali lipat saat terjadi sesuatu yang tidak mengenakkan pada mobil Anda.

Pilih Asuransi Mobil Terbaik di Qoala

Itulah tujuh kerusakan mobil yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Jika kawan si Kici ingin mencari asuransi mobil terbaik, maka tidak ada salahnya untuk bergabung dengan Qoala. Melalui Qoala.app, kawan si Kici bisa mencari dan menemukan perusahaan mobil asuransi yang kredibel dan terpercaya.

Jangan lupa untuk mencari tahu kejelasan polis dengan premi tertentu. Pastikan untuk mengetahui isinya dengan jelas. Setelah itu, perhatikan budget dan manfaat yang ditawarkan apakah sudah sesuai dengan kebutuhan asuransi. Perhatikan apa saja yang dicover dan apa saja yang dikecualikan.

Tidak perlu terburu-buru untuk memilih. Kawan si Kici bisa mencari asuransi mobil terbaik di Qoala dengan premi termurah, pilihan yang lengkap, ditambah adanya 500+ rekanan bengkel, perlindungan usia mobil hingga 15 tahun, dan pastinya proses klaim akan dibantu.

Cara Membeli Asuransi Mobil di Qoala

Untuk bisa mendapatkan asuransi mobil di Qoala, caranya cukup mudah. Kawan si Kici cukup download aplikasi Qoala.app dan lengkapi informasi seputar mobil lalu pilih jenis asuransi yang diinginkan.

Setelah itu, lihat dan bandingkan produk yang muncul dari berbagai perusahaan asuransi terbaik di Indonesia. Lengkapi formulir dan dokumen, selesaikan transaksi pembayaran, dan polis asuransi akan langsung aktif. Mudah bukan?

Tidak hanya itu, kemudahan lain yang ditawarkan Qoala sebagai tempat mencari asuransi mobil terbaik adalah tidak ada survei dan bisa dilakukan secara online. Sehingga sangat cocok bagi yang sibuk dan tak punya waktu untuk berkunjung ke perusahaan asuransi. Jadi tunggu apalagi? Download aplikasi Qoala sekarang juga!
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar