jejak tulisan si kaki kecil

Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa, Bikin "Cuan" Banyak!

Konten [Tampil]
Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa, Bikin "Cuan" Banyak!

Hai, Kawan si Kici!

Siapa nih yang lagi mencari contoh bisnis kreatif mahasiswa? Sebagai mahasiswa terkadang kita ingin menghasilkan cuan sendiri tetapi kebingungan bagaimana mendapatkannya. Bisa aja si mencari beasiswa tapi tak jarang mensyaratkan dari keluarga tidak mampu. Lalu bagaimana jika kita tidak termasuk di dalamnya? Maka bisnis bisa jadi jalannya.

Pernah mengalami menjadi mahasiswa, tentunya mencari bisnis yang cocok tuh nggak mudah. Apalagi kalau masuk jurusan yang serba banyak tugas kelompok. Duh, bingung deh! Gimana cara bagi waktunya? Makanya nih pengen berbagi inpirasi buat kalian yang tertarik menambah uang jajan atau bayar-bayar sendiri selama duduk di bangku perkuliahan.

Ide Bisnis Kreatif di Dunia Mahasiswa

Nah, sebagai mahasiswa kita harus bisa nih mencari bisnis kreatif. Bisnis yang tentunya bisa dilakukan tanpa menganggu kehidupan perkuliahan. Jadi kuliah tetap jalan, cuan nambah banyak deh.

Bisnis Online untuk Mahasiswa

Salah satu yang menjadi jalan ninja bagi mahasiswa menambah uang adalah dengan bisnis online. Kebanyakan memilih menjadi dropship karena memang lebih mudah tanpa harus menstok barang. Sayangnya bisnis online terkadang tak bisa berlangsung lama. Sehingga diperlukan bisnis yang lebih kreatif agar bisa berkelanjutan.

Namun, jika kita bingung memulai bisnis kreatif, kita bisa banget kok memulainya dengan bisnis online. Apalagi kita bisa belajar bagaimana membangun bisnis sehingga dapat kita ATM (amati, tiru, dan modifikasi). Sehingga kelak jika kita membangun bisnis sendiri, kita akan lebih mudah menjalankan dan juga mengembangkannya.

Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa

Nah, berikut ini beberapa contoh ide bisnis kreatif yang dapat dicoba untuk kalian para mahasiswa.

1. Buket Hadiah

Mahasiswa tuh rasanya banyak banget agenda. Kalau maba mungkin si paling cuma ulang tahun temen deket aja ya. Semakin nambah tahun tuh, ada aja agendanya. Kaya temenku yang ikut konser. Lalu ketika mau lulus maka sibuk sidang dan akhirnya wisuda.

Buket Bunga

Nah, dari berbagai agenda itu biasanya sebagai teman dekat, kita memberikan kado. Salah satunya ya buket bunga. Kita sebagai mahasiswa yang ingin mencari cuan bisa nih memanfaatkan berbagai momen ini.

Gimana tuh caranya? Ya kita bisa nawarin berbagai buket mulai dari snack, bunga asli, bunga artificial, sampai bunga kertas. Harganya tentu bisa bervariasi menyesuaikan budget mahasiswa. Dari yang murah meriah sampai yang mahal pun tak apa.

Bisnis ini bisa berlanjut jika kita sudah lulus dari bangku perkuliahan. Memanfaatkan acara lamaran dan pernikahan yang membutuhkan buket bunga. Bahkan bisa juga mengembangkan sebagai bisnis dekorasi. Menarik bukan?

2. Fotografer atau Videografer

Suka foto? Bisa banget memanfaatkan keahlian ini biar nggak mubazir. Lumayan kan bisa menghasilkan cuan. Apalagi kalau momen sidang atau wisuda. Beuuh, pastinya pada hunting tuh fotografer buat mengabadikan momen.

Fotografer

Jangan mau kalah deh sama yang udah pro. Kalian yang merasa hasil foto atau videonya bagus bisa banget kok bersaing. Kasih aja harga yang lebih murah tapi hasilnya nggak kalah bagus. Apalagi kalau yang pro tuh udah fullbook jauh-jauh hari sebelum wisuda. Jadi inilah kesempatan kalian.

Apalagi kita pun bisa menawarkan jasa ini untuk acara lain selain wisuda. Seperti acara lamaran, pernikahan, pesta ulang tahun, dan acara lain yang membutuhkan dokumentasi. Jadi acara wisuda bisa menjadi batu loncatan awal sebelum kita nantinya menawarkan acara lain yang lebih besar.

3. Tutor

Siapa bilang mahasiswa nggak butuh tutor? Banyak loh mahasiswa yang merogoh kocek untuk belajar di luar jadwal kuliahnya. Apalagi mahasiswa teknik yang banyak bersinggungan dengan aplikasi. Bisa banget nih memanfaatkannya.

Tutor 

Aku ingat salah satu temanku sampai ikut belajar AutoCAD karena dibangku perkuliahan tidak diajarkan secara praktek. Alhamdulillah, dulu aku termasuk jurusan yang dikenalkan berbagai aplikasi dan penggunaan dasarnya. Jadi tak harus sampai mengeluarkan uang.

Selain, aplikasi bisa juga kita menjadi tutor bahasa asing. Apabila kita mudah mempelajari bahasa baru, maka bisa memanfaatkan itu untuk mendapatkan cuan di bangku perkuliahan.

Tak memiliki kemampuan khusus aplikasi dan bahasa? Tenang saja kita bisa menjadi tutor untuk anak sekolah. Banyak loh anak sekolah yang memilih guru les seorang mahasiswa. Jika bingung memulainya dari mana kita bisa menawarkan pada kenalan atau masuk ke bimbingan belajar yang menawarkan jasa les bagi murid dengan tutor mahasiswa.

4. Penulis

Siapa nih yang suka nulis? Bisa loh memanfaatkan hobi ini untuk mendapatkan cuan. Bisa memilih untuk menjadi blogger untuk memulainya. Namun, memang tak bisa langsung mendapatkannya. Kita perlu belajar dan mengasah kemampuan kita agar tulisan di blog bisa menjadi pundi-pundi rupiah bahkan dollar. Bahkan Raditya Dika pun memulai menulis dari blog lho!

Penulis

Tak ingin menjadi blogger? Bisa juga kok menulis fiksi diaplikasi menulis yang nantinya kita dapat dibayar. Jadi kita bisa menyalurkan hobi sekaligus mendapatkan penghasilan. Selain itu, bisa juga iseng-iseng mengirimkan naskah ke penerbit jika memang menurut kita layak. Tak jarang kok penulis mayor yang memberikan kesempatan untuk mengirim naskah.

Pilihan lainnya ketika menjadi penulis adalah menjadi ghost writer dan content writer. Sering kali aku melihat banyak tawaran untuk keduanya di instagram dan diperuntukan untuk mahasiswa. Jadi jika kita memang layak kenapa tak mencobanya? Hal itu bisa menjadi batu loncatan sebelum mencoba menerbitkan karya sendiri.

5. Make-Up Artist

Jika suka make up kenapa tidak memanfaatkan untuk menjadi make up artist? Apalagi jika perlengkapan make up kita cukup banyak dan lengkap. Sayang banget deh kalau disimpan aja. Kayaknya kalau buat diri sendiri nggak akan habis bahkan dibuang dalam kondisi masih banyak akibat sudah kadaluwarsa.

Make up

Beberapa temanku, senior, maupun junior yang suka make up memanfaatkan ini ketika momen wisuda. Mereka menawarkan jasa yang tak jarang harganya cukup miring. Jadi kita bisa bersaing ini dengan para profesional yang tak jarang menawarkan harga tinggi dengan slot terbatas.

Jika pengalaman dan jam terbang kita sudah tinggi, bisa banget menawarkan jasa untuk lamaran bahkan pernikahan. Bisa juga kita menawarkan jasa kursus make up dengan budget yang lebih ramah kantong dibandingkan kursus yang sudah terkenal.

Gimana? Sayang banget nggak si kalau kesukaan kita dangan make up di sia-sia kan. Banyak banget peluanganya dan untuk mendapatkan cuan lebih banyak lewat make up pun cukup mudah. Coba lihatlah Tasya Farasya, memulai dari make up artist dan berujung jadi youtuber terkenal? Nggak mau tuh kaya dia?

Penutup

Mahasiswa memang memiliki tugas utama untuk menuntut ilmu. Namun, tak ada salahnya kok untuk memulai bisnis. Apalagi bisa dilakukan terus setelah lulus. Tak jarang banyak mahasiswa yang tak langsung mendapatkan pekerjaan. Jadi lumayan kan kita bisa mendapatkan penghasilan sembari mencari pekerjaan.

Menurutku kawan si Kici apa nih contoh bisnis kreatif mahasiswa yang layak dicoba dan menghasilkan banyak cuan?
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar