jejak tulisan si kaki kecil

Nostalgia Game Tahun 2000an, Jadul tapi Masih Seru!

5 komentar
Konten [Tampil]
Nostalgia Game Tahun 2000an, Jadul tapi Masih Seru!

Hai, kawan si Kici!

Entah kenapa jadi kangen deh sama game tahun 2000an. Efek kemarin main game online terus ketemu deh sama web yang bikin nostalgia sama game jadul tahun 2000an.

Dulu pertama kali liat komputer ada tuh langsung antusias. Tentu bukan sama komputernya tapi sama permainanya dong. Padahal games jaman dulu tuh belum banyak pilihannya kaya sekarang. Namun, ya asyik-asyik aja tuh dulu dimainin. Belum ada juga namanya cheat biar menang. Rasa-rasanya aku belum pernah deh main game terus menang. Yang terjadi malah belum selesai ditutup dan besoknya diulang lagi.

Selain, menemani masa kecil. Game jadul ini pun menemani masa-masa sekolah. Siapa si yang kalau pelajaran TIK bukannya fokus dengerin guru tapi malah main game? Hayuk angkat tangan deh temenin aku. Rasa-rasanya hampir semua begini ya? Sebelum ada medsos tuh hiburan di lab komputer ya buka game.

Nostalgia Game Tahun 2000an

Yuk, ah nggak usah lama-lama lagi. Aku mau ajak kalian nostalgia sama game jadul waktu kecil dulu. Penasaran nggak sih ada apa aja?

1. Spider Solitaire

Game solitaire ini legend banget si menurutku. Kalau mendengar ini apa si yang terbayang sama kalian? Aku aku si kumpulan kartu-kartu. Buat yang nggak jago-jago amat main kartu ya main ini cukup aman si. Soalnya kita cuma diminta mengurutkan susunan kartu dari mulai As sampai King atau sebaliknya.

Solitaire

Kalau cuma ngurutin gampang dong? Eiits, tidak semudah itu doong. Kartu itu disebar tak beraturan dan nggak bisa sembarangan menindahkan kartu satu ke tempat lainnya. Kita harus menyusun strategi nih biar bisa menyusunnya. Kalau nggak malah menemukan jalan buntu dan kartunya nggak bisa dipindah-pindah lagi.

Main ini tuh cukup asyik karena membuat kita harus berpikir kartu mana yang sebaiknya dipindahkan agar bisa tetap berjalan. Walaupun pada akhirnya aku tidak bisa menyusun semua kartu. Artinya strategiku kadang masih belum tepat. Ya kadang tuh rasanya ingin terburu-buru memindahkan kartu tanpa melihat celah lain yang mungkin bisa lebih menguntungkan.

2. Tetra Blocks

Permainan kedua yang menarik hatiku ya tetra blocks ini, game tetra ini mengingatkanku pada game bot. Dulu sering banget deh pinjem punya saudara atau temen, jujur lupa. Waktu kecil tuh aku jarang dibeliin hal-hal yang lagi viral kalau kata anak jaman sekarang. Prinsipnya kalau bisa pinjem atau sewa ya udah karena tau sendirilah anak kecil kalau suka ya sebentar aja, setelahnya ditinggalkan.

Tetra Blocks

Game tetra blocks ini tuh berisi berbagai macam bentuk balok yang akan jatuh ke bawah. Kita diminta menyusunnya sebagaimana rupa aja bisa mengisi satu garis horizontal tanpa ada celah. Jika terisi maka baris itu akan menghilang.

Pokoknya tumpukan balok itu harus dihilangkan agar tidak menumpung terlalu tinggi dan tidak ada lagi celah untuk mengisi. Semakin tinggi level pun balok yang jatuh semakin cepat dan kita harus berpikir lebih cepat. Kalau penuh dan tidak bisa diisi lagi artinya kita akan kalah dan permainan selesai.

Tetra blocks di soliataire ini digerakan dengan keypad tanda panah atas, bawah, kanan, dan kiri. Keypad panah kanan dan kiri untuk menggeser balok ke sebelah kanan dan kiri. Keypad tanda panah atas untuk memutar balok sesuai dengan keinginan. Sedangkan keypada panah ke bawah untuk mempercepat balok jatuh dan kita tak terlalu menunggu lama.

3. Zuma Legend

Game zuma siapa si yang tak pernah memainkannya? Walaupun hanya menembak bola dengan warna yang sama, permainan ini cukup asyik. Ketika membuka permainan ini maka akan muncul banyak bola berbagai warna yang akan menggelinding dari satu lubang ke lubang lain. Kita hanya perlu menghilangkan semua bola sebelum masuk ke lubang akhir.

Zuma

Terlihat mudah memang pada awalnya tetapi jika salah menembak, bukannya mengurangi bola, yang terjadi malah menambahnya dan semakin banyak. Belum lain bola akan semakin terdorong ke dalam lubang akhir. Artinya kita akan kalah karena masih menyisakan bola. Apalagi semakin tinggi level maka pola pergerakan bola akan semakin rumit dibandingkan level sebelumnya.

Pokoknya jadi gemes sendiri deh kalau bola itu bukannya mengurangi malah menempel pada posisi yang buka kita tuju. Yang menyenangkan jika kita mendapatkan bantuan berupa garis agar kita bisa menuju posisi tepat sesuai keinginan. Bisa juga mendapatkan freeze dimana bola akan berhenti dalam beberapa waktu sehingga akan mudah menembaknya dalam keadaan diam.

Penutup

Menarik banget gak si kalau nostalgia game tahun 2000an. Pokoknya lewat web solitaire ini aku bisa menjelajahi game yang cukup sering aku mainkan waktu kecil dulu. Walaupun namanya solitaire tapi gamenya beragam deh.

Main game sebenarnya nggak salah kok. Apalagi kalau kita bermain sesuatu yang menggunakan strategi maka akan membantu kita dalam memecahkan masalah. Jadi nggak sekedar main-main aja tetapi juga mengasah otak. Yang salah tuh kalau main game keblabasan dan lupa sama kewajiban.

Jadi gimana ni kawan si Kici? Tertarik untuk nostalgia juga? Kalau game favorit kalian jaman kecil apa aja sih?
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

5 komentar

  1. Pastinya seru banget pas main games ini ya, Kak. Apalagi games jadul, banyak kenangan di masa lalu yang dibawanya. Ssperti solitaire ini

    BalasHapus
  2. Spider solitaire ini game komputer pertama yang saya bisa. Waktu itu rasanya seru banget, nggak mau berhenti.

    BalasHapus
  3. Saya main semuanya, tuh, sampe beli tetris biar puas. Kalau paman Pac Man tahun 2000 an juga bukan, ya? Seru juga tuh, gamenya.

    BalasHapus
  4. Wah, ini mah permainan asyik. Aku suka juga main solitaire ini, seru bangeet.:D

    BalasHapus
  5. Aaakkk .... Jadi kangen sama game jadul ini. Aku paling suka tetra blog, seru aja gitu bikin penasaran...

    BalasHapus

Posting Komentar