jejak tulisan si kaki kecil

Hati-Hati! Mobil dapat Terbakar karena 5 Penyebab Ini

Konten [Tampil]
Penyebab Mobil dapat Terbakar

Keselamatan saat berkendara dengan mobil bukan hanya penggunaan rem dan juga safety belt saja. Resiko terjadi kebakaran pada mobil dapat muncul kapan saja bahkan ketika dikemudikan.

Mengatasi resiko kebakaran, kini setiap mobil dilengkapi juga dengan Alat Pemadam Kebakaran. Termasuk mobil-mobil yang dikeluarkan oleh dealer Suzuki Kangaroo Motor Mandiri.

Sebenarnya apa yang menyebabkan mobil bisa terbakar? Simak penjelasan lengkapnya.

5 Alasan Mobil Terbakar ketika sedang Dikemudikan

Mobil digerakkan dengan mengubah hasil pembakaran menjadi tenaga mekanik. Adanya ruang bakar, sistem kelistrikan dan masih banyak lagi membuat resiko mobil terbakar pun bisa terjadi kapan saja.

Belum lagi bahan bakar yang digunakan mudah sekali terbakar jika hanya tersulut api sedikit saja. Nah sebagai pengemudi, Anda perlu tahu apa saja yang menyebabkan kebakaran pada mobil.

Terjadinya Overheat pada Mesin

Tahukah Anda bahwa mesin mobil bisa mengalami panas berlebih atau dikenal dengan overheat. Mesin yang digunakan dalam waktu yang lama akan menciptakan suhu yang semakin meningkat.

Overheat juga bisa dipicu karena mesin dipaksa bekerja terlalu keras, seperti sering melewati tanjakan dan tidak diimbangi dengan sistem pendingin yang baik. Lagi-lagi kesalahan terletak pada gaya mengemudi dan tidak melakukan perawatan.

Panas yang hadir pada mesin ini berpotensi menimbulkan kebakaran. Anda bisa tahu mesin overheat ketika dashboard dipegang terasa panas.

Kebocoran Bahan Bakar atau Oli

Oli dibutuhkan untuk memberikan pelumasan pada mesin sekaligus menyerap panas. Sedangkan bahan bakar menjadi tenaga utama yang menciptakan tenaga penggerak. Kedua bahan ini adalah material yang mudah terbakar.

Oleh karena itulah jika terjadi kebocoran sedikit pada saluran yang menyimpan material ini maka menjadi pemicu kebakaran. Selain kedua material ini masih ada bahan seperti minyak pada power steering, cairan pendingin dan oli transmisi yang mudah terbakar.

Anda bisa menghindari mobil terbakar jika melakukan servis rutin karena kebocoran akan langsung dideteksi sejak awal.

Terjadi Konsleting di Sistem Kelistrikan

Mobil juga perlu listrik untuk bisa menyala. Tidak jauh berbeda dengan sistem kelistrikan pada umumnya, jika terjadi korsleting maka akan timbul kebakaran. Padahal sistem kelistrikan yang paling mudah bermasalah mengingat banyak sekali kabel yang saling terhubung.

Selain korsleting, sistem kelistrikan juga mudah rusak karena kondisi oli yang bermasalah. Timbunan gas hidrogen pada bagian mesin bisa saja muncul dan hal ini jadi pemicu munculnya percikan api.

Sistem kelistrikan perlu dicek secara berkala, bahkan tidak hanya saat servis saja. Jika Anda merasa ada bagian yang putus atau korslet sebaiknya segera ke bengkel terdekat.

Melakukan Modifikasi Mobil Berlebihan

Jangan salah, modifikasi mobil ternyata bisa menjadi salah satu penyebab kebakaran. Ketika Anda melakukan modifikasi pada mesin atau menambahkan aksesoris secara berlebihan maka kerusakan komponen standar bisa terjadi.

Masalah kebocoran bisa dipicu juga karena Anda melakukan modifikasi mesin. Tujuannya karena ingin mobil lebih bertenaga, namun justru mesin bekerja tidak maksimal. Termasuk penambahan aksesoris yang mungkin saja bebannya terlalu besar.

Beban yang tinggi ini akan membuat sistem kelistrikan bekerja terlalu berat dan merusak aki bahkan berpotensi menimbulkan korsleting.

Cacat Suku Cadang atau Salah Desain

Penyebab terakhir bisa jadi karena Anda mendapatkan produk yang kualitasnya kurang baik. Produksi mobil yang lalai baik dari segi suku cadang atau perakitan yang tidak sesuai desain sangatlah merugikan.

Bagian cacat yang mengganggu kenyamanan berkendara ini sebenarnya bisa diperbaiki sejak awal jika Anda mengetahuinya. Sehingga kerusakan lebih lanjut bisa dihindari dan mobil terhindar dari kebakaran.

Kunci menghindari mobil terbakar adalah dengan melakukan perawatan rutin. Servis berkala pun bisa Anda lakukan dengan mudah di beberapa bengkel resmi Suzuki berikut:
  1. Sejahtera Buana Trada area Riau, website : https://suzukimobilriau.co.id/
  2. Elang Perkasa Motor area Sumbar , website : http://suzukiepmsumbar.co.id/
  3. Jaya Indah Motor area Jambi, website : https://suzukijambi.co.id/
  4. Kangaroo Motor Mandiri area Bengkulu, website : https://suzukibengkulu.co.id/
  5. Nusa Sarana Citra Bakti area Sumsel, website : https://suzukithamrin.co.id/
  6. Jagorawi Motor area Bangka Belitung, website : https://suzukijagorawi.co.id/
  7. Persada Lampungraya area Lampung, website : https://suzukilampung.co.id/
  8. Sejahtera Sumber Baru Trada Kalimalang area Jaktim, website : https://suzukidealerkalimalang.id
  9. Sejahtera Armada Depok area Depok, website : https://suzukimargondadepok.co.id

Rencanakan dengan baik waktu untuk servis sehingga Anda tahu bagian mana yang rusak untuk diperbaiki. Pengecekan akan langsung dilakukan oleh teknisi profesional.
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar