jejak tulisan si kaki kecil

Motivasi Pagi, Komunikasi dengan Allah melalui Sholat

4 komentar
Konten [Tampil]
Apa si yang menjadikan motivasi pagi untuk bangun? Apakah aktivitas yang dilakukan atau berharap bisa berkomunikasi dengan Allah di pagi hari melalui sholat subuh?

Sejujurnya aku merasa masih sering menjadikan suatu aktivitas sebagai alasan untuk pagi lebih pagi. Sedih rasanya, alasan duniawi masih mendominasi dibandingkan alasan akhirat. Kalau ada urusan penting kok kayaknya mau aja memaksa badan untuk terbangun dari tempat tidur dan menyingkap selimut. Giliran untuk bertemu Allah suka malas-malasan bahkan selimut ditarik kembali agar tidur semakin nyaman.

Padahal tanpa kita sadari, Allah memberikan kode untuk kita bangun bahkan disepertiga malam. Allah bisa jadi rindu mendengar curhatan kita.

Dengan udara yang lebih dingin membuat kita tersadar untuk kembali menarik selimut bukannya bangun. Dengan panas membuat kita mencari cara agar tak lagi merasa gerah tetapi tetap saja tidur kembali dengan nyaman. Dengan merasa gatal membuat kita terbangun untuk membuatny gatalnya hilang. Dan masih banyak cara lain yang bisa jadi seharusnya bangun disepertiga malam untuk curhat kepada Allah.

Fitrahnya, anak kecil akan terbangun di pagi hari walaupun memang menghabiskannya untuk bermain. Sayangnya sering kali orang tua menjadikan alasan "terlalu pagi" untuk membuat mereka kembali tertidur. Tak jarang orang tua merasa kerepotan. Hal itulah yang menjadikan rusak fitrah untuk bangun di pagi hari. Jadi semakin besar akan semakin membuat mereka sulit bangun pagi dan memilih bangun lebih siang.

Selain merusak fitrah tanpa sadar, orang dewasa juga membuat anak salah menjadikan alasan bangun pagi. Sadar nggak kalau sudah terlalu malam dan akan tidur, alasan terlambat ke sekolah menjadi alasan agar cepat tidur dan bisa bangun pagi? Jadi kalau libur secara logika boleh dong bangun siang?

Coba kalau menggunakan alasan sholat, maka setiap hari akan menjadi alasan bangun pagi. Bukan karena sekolah atau aktivitas lain yang menjadikan motivasi untuk bangun pagi. Motivasi pagi yang perlu ditanamkan sejak dini dan membiasakan anak bangun pagi. Jadi sepenting apa si movitasi untuk bangun pagi?
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

4 komentar

  1. Makasi pengingatnya ya mbak.. Akhir-akhir ini sering telat shubuh karena tidurnya larut, anak pun juga ikutan larut tidurnya T.T

    Dulu, biasanya aku tidurnya setelah subuh mbak.. Jadi pagi baru tidur biar ga ketinggalan subuh T.T

    BalasHapus
  2. Kalo menurut aku sih, emang seharusnya dikasih pengertian tentang alasan kenapa ibadah itu penting. Jadi, ya untuk bangun tidur atau pun ngelakuin kegiatan lain nya kayak gimana ya ngejelasainnya. Bingung sendiri.

    Jadi fokusnya ke ibadah nya dulu gitu

    BalasHapus
  3. Aku banget nih. Kalau anak2 bangun pagi malah sering disuruh tidur lagi. Alasannya sepele, mau masak dan beberes. Kalau mereka bangun, akan keganggu. Astaghfirullah 😣

    BalasHapus
  4. Bener Kak, aku juga selalu bilang ke adik2 "Ayo tidur, nanti subuhnya kesiangan loh." Ya walaupun akhirnya kadang-kadang masih kesiangan juga😅.

    BalasHapus

Posting Komentar