jejak tulisan si kaki kecil

Arti Poligami yang Sesungguhnya dalam Islam, Wajib Tau!

8 komentar
Konten [Tampil]
Arti Poligami yang Sesungguhnya dalam Islam, Wajib Tau!

Pembahasan poligami tuh emang selalu rame ya? Namun udah paham belum si arti poligami? Bukan secara kbbi yang berarti laki-laki yang memiliki beberapa istri dalam waktu yang sama. Kalau arti yang itu sih kayaknya semua orang udah paham ya.

Sayangnya orang tuh cuma paham makna poligami secara bahasa aja. Nggak tau makna yang sesungguhnya. Bahkan mungkin nggak tau sejarah poligami. Taunya ya laki-laki tuh boleh kok punya istri banyak, buktinya islam aja memperbolehkan. Yakin bener tuh?

Arti Poligami dalam Islam

Pembahasan poligami adalah salah satu materi yang dijelaskan dalam kelas online bengkel diri. Materi yang membuatku lebih paham apa si arti poligami yang sesungguhnya. Apakah benar hanya sekedar berarti laki-laki yang memiliki istri yang banyak dalam satu waktu?

Materi dengan judul "ketika harus berbagi cinta" ini dijelaskan oleh Ustadzah Meti. Penjelasan yang dimulai dari asal mula kenapa ada poligami dalam islam dan faktanya saat ini. Yuk, baca sampai selesai ya!

Sejarah Poligami

Poligami ternyata sudah dikenal sejak peradaban manusia ada, jadi bukan muncul sejak hadirnya Islam?

Dari peradaban Yunani, Romawi, Persia, masyarakat Hindu, China, bahkan di Arab sebelum hadirnya islam itu udah mengenal poligami. Poligami pada masa itu dilakukan oleh laki-laki dengan memiliki istri dalam jumlah yang tak terbatas. Jadi bebas tuh laki-laki mau menikah berapa kali dan punya istri berapa. Bisa-bisa wanita satu kampung dinikahin ya sama satu laki-laki?

Bahkan zaman pra islam di Arab, laki-lakinya memiliki jumlah istri berdasarkan jumlah kekayaannya. Jadi semakin banyak harta semakin banyak istri. Mirisnya, sang istri bahkan dijadikan barang warisan lho! Iya, jika suami meninggal maka istri diberikan kepada anak-anaknya dan dijadikan istri dari anak-anaknya. Naudzubillah min Dzalik. Betapa tak berharganya seorang wanita saat itu.

Ketika Islam hadir maka turunlah firman Allah tentang poligami. Ayat ini dimaksudkan untuk memberikan batasan berapa si jumlah istri yang diperbolehkan dimiliki laki-laki dalam satu waktu yang sama. Maka sahabat yang memiliki istri lebih dari empat diminta untuk memilih 4 istri yang dipertahankan dan menceraikan istri lainnya.

Dan jika kamu khawatir tidak akan mampu berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu menikahinya), maka nikahilah perempuan (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat.
(QS. Annisa ayat 3)

Jadi kalau dilihat dari sejarahnya, poligami tuh muncul bukan karena Islam. Masalah laki-laki yang memiliki jumlah istri yang tak terbatas itulah yang memunculkan aturan berapa jumlah istri yang diperbolehkan dalam Islam. Aturan yang dibuat agar manusia dapat hidup dengan baik di dunia dan akhirat kelak.

Fakta Saat ini

Poligami tuh masih legal di sebagian besar Afrika, Timur Tengah, Malaysia, Indonesia (dengan syarat) bahkan masyarakat Mormon di Amerika. Waah ternyata nggak cuma di Indonesia aja ya yang masih melegalkan poligami? Kalau di negara maju kayaknya nggak ada deh. Ya gimana mereka kadang lebih memilih free sex dibandingkan menghalalkannya diikatan pernikahan.

Sayangnya tuh orang melakukan poligami dengan membawa agama. Orang yang bahkan islamnya KTP kalau mau poligami tuh alasannya ya agama. Mengikuti sunnah Rasul makannya aku mau poligami. Biar dapat pahala makannya aku mau poligami. Dan alasan dengan bawa-bawa agama tanpa pernah ngecek kebenarannya. Gemes gak si? 😂

Fiqih Poligami

Sini kumpul dulu deh para laki-laki yang katanya mau poligami karena sunnah Rasul atau mau dapat pahala. Tau gak hukum poligami apa? Kalau gatau ya sini duduk manis baca ini dulu.

Nih ya, hukum poligami tuh mubah bukan sunnah ya para bapak yang sudah beristri dan masih berniat poligami. Digaris bawahi tuh kalau hukumnya mubah.

Jadi kalau mubah tuh nggak akan dapat pahala. Mau ditinggalin tuh poligami atau mau tetap melakukan poligami ya tetap gak akan ada pahala yang ngikut sedikit pun. Dapatnya istri baru aja, udah itu aja. Kalau udah dapat istri baru jangan lupa sama yang lama, kan kasian.

Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku adil diantara isteri- isterimu, walaupun kamu sangat ingin berlaku demikian, karena itu janganlah kamu terlalu cenderung (kepada yang kamu cintai), sehingga kamu biarkan yang lain terkatung- katung.
(QS Annisa 129)

Poligami emang diperbolehkan tapi bisa dapat dosa lho kalau ternyata nggak adil. Adil dalam segala aspek yang jelas bisa dibagi rata seperti hak batin istri, hak nafkah, dan segala kebutuhannya. Kalau berat di salah satu istri saja ya nanti akan ada konsekuensinya tersendiri. Hayoloo gimana? Yakin siap poligami dengan segala syarat yang mengikutinya?

“Dari Abu Hurairah RA Sesungguhnya Nabi SAW bersabda : Barangsiapa yang mempunyai dua orang istri, lalu memberatkan kepada salah satunya, maka ia akan datang pada Hari Kiamat dengan bahunya miring.
(Riwayat Abu Daud, Tirmidzi, Nasa’i dan Ibnu Hibban)

Kalau mau dapat pahala dengan gampang ya mending to nyenengin istrinya dulu. Udah dipenuhi belum haknya. Kalau haknya aja masih banyak yang terlantar kok ya masih punya pikiran poligami. Punya satu istri yang kadang suka ngomel dan ngambek masih kurang ya? 😄

Muslimah dalam Menyikapi Poligami

Gantian nih para perempuan dan ibu yang suka geram nih sama poligami. Duduk dulu kita ngobrol pelan-pelan ya. Jangan saling sikut. Kalem aja sambil tarik napas setelah uratnya keluar semua habis baca poligami.

Poligami tuh diperbolehkan Allah dalam Al Quran, jadi kita sebagai muslimah nggak boleh benci poligami. Apalagi benci pelakunya, ya nggak boleh gitu. Ya gimana lagi, emang diperbolehkan kok masa harus benci. Kecuali pelakunya menjalani poligami tidak sesuai syariat. Bolehlah dicolek dikit biar sadar, kalau memilih poligami ya harus ngikutin aturan Allah bukan seenak jidat gitu. Maunya poligami tapi gamau ribet.

Jadi nih para perempuan dan ibu, kalau suami bilang mau berpoligami ya diomongin baik-baik. Jangan langsung ngambek dan diusir, nanti pulang bawa istri baru malah bahaya kan? Mending diobrolkan jauh-jauh hari bahkan sebelum menikah. Bisa tuh bikin perjanjian pra nikah kaya di film Ketika Cinta Bertasbih.

Penutup

Poligami memang diperbolehkan dalam Islam tetapi poligami bukan lahir karena Islam. Bahkan Islam yang membuat aturan jumlah istri yang boleh dimiliki oleh laki-laki dalam satu waktu. Aturan Allah yang turun karena perilaku laki-laki yang memiliki jumlah istri tak terbatas. Sehingga seolah tidak menghargai perempuan.

Jadi penting banget si paham arti poligami yang sesungguhnya biar gak salah kaprah dan hilang arah. Poligami bukan dijadikan alasan karena agama, mengikuti sunnah, ataupun mendapatkan pahala. Poligami dilakukan karena Allah dan ketika memilihnya wajib mengikuti syarat-syaratnya agar tak terjerumus dosa.
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

8 komentar

  1. Mudah-mudahan ada yang melakukan poligami dengan niat benar-benar karena dasar syariat, bukan hawa nafsu belaka dan bahkan menjadikan agama sebagai tamengnya. Naudzubillahi min dzalik

    BalasHapus
  2. Waktu mengkaji ayat-ayat akham (ayat - ayat yg terkait hukum dalam Al Qur'an) di mahad dulu, hukum poligami itu mubah, jadi kalau mampu dan tidak akan menimbulkan masalah baru ya sila. Kalau nggak sanggup dan justru malah menimbulkan berbagai masalah, layak untuk mempertimbanhkan lagi.
    Makanya suka kesel kalau dibilang wanita yang nggak mau dipoligami itu nggak mau taat sama hukum Allah. Lha hukum yang mana coba. Hukumnya harus dipahami dengan benar.

    BalasHapus
  3. Masyaallah, bahasanya caem bener mbak.. saya ga pernah mikir poligami si, tapi kadang kesel sama wanita yang ga suka syariat ini.. karna membenci syariat, sama aja dengan membenci islam kan ya?

    Kalo sama istri sering bahas ini, sayabjuga kesel, padahal ga ada niatan wkwkwkwk aneh bener yak

    BalasHapus
  4. Poligami memang masalah sensitif buat perempuan. Karena memang kecenderungan manusia berbuat adil itu agak susah meski sebetulnya bisa. Semoga aja laki² dan perempuan saling mengerti tentang arti poligami sebenarnya.

    BalasHapus
  5. Kalau bahas poligami emang sensitif ya mbaaa... Semoga yang memantapkan hati untuk berpoligami bisa bener2 menerapkan bagaimana seharusnya dari sikap dan yang lainnya ya mbaak

    BalasHapus
  6. Boleh juga nih pandangan baru tentang poligami. Boleh saja kok suami mau punya istri lagi, asal bisa adil kan ya. Eh, kalau aku sih belum siap wkwkwk

    BalasHapus
  7. Sesekali boleh juga memperkaya referensi dengan membaca tafsir Fi Zhilalil Qur'an karya Syekh Sayyid Qutub. Di sana dijelaskan dengan rinci berikut contoh bahwa hukum poligami bisa jadi berubah hingga ke wajib atau bahkan haram.
    Wallaahu a'lam

    BalasHapus
  8. Pernah denger ada yang bilang gini "dari segala anjuran Allah, kenapa laki-laki berbondong-bondong memlih poligami dan bukan hal lain"
    Padahal kalau di baca, tanggung kawab kepala keluarga itu berat lo. Jika tanggung jawab untuk 1 istri saja belum beres, kenapa buru-buru ingin nambah istri

    BalasHapus

Posting Komentar