Jejak Tulisan Kaki Kecil

Manfaatkan BPJS Kesehatan untuk Perawatan Gigi Gratis

12 komentar
BPJS Kesehatan
Aku punya BPJS kesehatan nih, tapi nggak tau buat apa. Masa harus nunggu sakit dulu baru dipakai, padahal kan iuran tiap bulannya. Bahkan terkadang lupa kalau punya BPJS dan sadar setiap kali membuat rekening akibat tarikan iuran otomatis dari BPJS.

Ada yang merasa begitu? Atau malah sudah tidak menggunakannya lagi dan memilih menyisihkan uang untuk post kesehatan pribadi?

BPJS Kesehatan untuk Perawatan Gigi

Jika kita memiliki BPJS, ternyata bisa dimanfaatkan untuk perawatan gigi gratis. Ya sebenarnya nggak gratis juga si kan kita udah iuran setiap bulan. Tapi setidaknya tak ada tambahan biaya lagi. 

Eh emang bisa ya? Bisa dong untuk beberapa tindakan perawatan gigi tertentu. Jadi tak semua perawatan gigi bisa ditanggung. Tapi lumayan kan untuk menghemat pengeluaran perawatan gigi.

1. Menambal Gigi

Memiliki permasalahan gigi berlubang memang menimbulkan rasa tak nyaman. Terkadang nyeri dan sakit ketika menguyah. Belum lagi kalau sudah dibiarkan terlalu lama bisa membuat gigi busuk dan tak lagi memiliki fungsi. Dan aroma mulut pun menjadi tak sedap karenanya.

Ternyata dengan BPJS kita bisa melakukan penambalan gigi. Dengan syarat gigi memang belum pernah ditambal sebelumnya. Kenapa? Penggunaan bahan tambalan gigi yang dapat diklaim oleh BPJS adalah yang standar. Sedangkan jika kita menambal gigi dengan biaya pribadi biasanya kita bisa memilih bahan sesuai dengan keinginan dan kualitasnya. Sehingga setiap kali akan ditambal ulang, bahan yang digunakan harus sama kualitasnya atau lebih bagus.

Terkadang dokter akan menyarankan untuk kita menggunakan biaya pribadi untuk melakukan penambahan ulang. Kalau pun tetap mau menggunakan klaim dari BPJS, dokter tidak bisa menjamin gigi yang ditambal ulang itu akan bertahan lama. Jadilah akan lebih mudah rusak kembali akibat rapuh atau patah.

2. Mencabut Gigi

Aku memang belum pernah melakukan pencabutan gigi menggunakan BPJS. Tetapi jika memang giginya bermasalah dan perlu dicabut maka bisa ditanggung dengan BPJS yang kita miliki. Beda cerita jika pencabutan gigi dilakukan pada gigi sehat, kemungkinannya tak akan bisa dilakukan dan harus menggunakan biaya sendiri. Gigi sehat yang dicabut pastinya bukan dilakukan dengan alasan kesehatan, sering kali terjadi jika kita ingin merapikan gigi menggunakan kawat.

3. Scalling

Pembersihan karang gigi ternyata bisa lho ditanggung dengan BPJS. Tetapi tak bisa terlalu sering dilakukan. Hanya bisa satu kali dalam setahun. Kalau katanya si hanya satu sisi saja yang bisa ditanggung. Tetapi ketika aku melakukan scalling, dibersihkan kedunya. Cukup bisa menghemat biaya setidaknya dan gigi pun bisa bersih dari karang gigi.

4. Operasi Gigi Bungsu

Selain cerita menyeramkan tentang operasi gigi bungsu, yang membuat orang tak melakukannya akibat biaya yang cukup malah. Tapi jika memiliki BPJS bisa menggunakannya. Semua akan tercover mulai dari pemeriksaan awal, rontgen, obat, penginapan, dan lain sebagainya. Hanya saja perlu bersabar untuk mengantri. Jadi jika berniat melakukannya jangan menunggu hingga gigi tersebut sakit, lebih baik mempersiapkan dari awal.

Kesehatan gigi sebenarnya banyak diabaikan oleh mayoritas orang. Padahal hal itu penting. Kalau kata dokter gigi mah seringnya datang ke klinik pasti ada aja masalahnya. Bukan karena mau periksa biasa. Jika memang kalian ada BPJS kesehatan bisa nih mulai digunakan untuk perawatan gigi. Agar gigi tetap sehat, makan pun nyaman.
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

12 komentar

  1. Makasih informasinya, aku baru tahu kalo bisa di pake juga buat yang lain ya kaya untuk perawatan gigi

    BalasHapus
  2. nah sama banget kaya aku... ga pernah bayar iuran bpjs tp ternyata terdaftar bpjs dan kemarin karena suatu tuntutan, liat tagihan iuran bpjs yang nunggak 2 tahun. duh! dan itu harus dibayar padahal ga pernah nikmatin fasilitas bpjs :(
    trus kemarin ada masalah gigi, inisiatif pengen pake bpjs buat periksa. tapi dr artikel ini aku tau, ternyata kalo ku periksa pake bpjs jg ga akan mengcover semua ya. soalnya masalah gigiku udah tingkat lanjut xD. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga lumayan keluar uang buat gigi kak karena udah nggak ditanggung BPJS hehe
      Ya mau gimana lagi kan, terlalu parah masalahnya

      Hapus
  3. Kalo buat tambal gigi pernah sih dan iya kualitas tambalnya ngga bertahan lama. Tapi aku baru tau kalo bisa dipake buat scalling. Mau coba deh. padahal kita kan bayar iuran ya tapi kebanyakan pelayanan bpjs kurang memuaskan. Sedih kadang. Padahal iurannya juga ngga murah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku belum pernah tambal si kak, karena gak bisa waktu itu kalau gigi udah pernah di tambal

      Hapus
  4. wah mau coba scalling ih pake bpjs. thanks infonya mba

    BalasHapus
  5. Poli gigi yang tak pernah kusentuh dari sekian cover yang bisa dilakukan dengan kartu sakti ini haha, mungkin suatu hari nanti mau cabut gigi

    BalasHapus
  6. baru tahu kl bisa buat scalling juga... terima kasih informasinya mbak...

    BalasHapus
  7. duh, ga pernah berkunjung ke dr gigi hehe

    BalasHapus
  8. Huaaa..taun lalu jdi absen scalling krna ga yakin masih pandemi gini..moga taun ini bsa manfaatkan asuransi utk priksa gigi

    BalasHapus
  9. Aku kemaren sempat cabut gigi geraham karena udah berlubang mba dan gratis karena udah dicover bpjs

    BalasHapus

Posting Komentar