Jejak Tulisan Kaki Kecil

5 Bahasa Cinta: Cara Seseorang Ungkapkan Kasih Sayang

1 komentar
5 Bahasa Cinta
Mengenal 5 bahasa cinta itu cara agar kita bisa memahami apa yang membuat kita merasa disayang. Pernah nggak si merasa kayak nggak disayang seseorang? Walaupun katanya cara orang mengungkapkan kasih sayang itu berbeda. Tapi kalau cara yang dilakukan tidak sesuai bahasa cinta kita, maka akan membuat kita merasa tidak disayang.

5 Bahasa Cinta

Pertama kali mengenal bahasa cinta ketika membaca sebuah novel dengan judul genap. Banyak hal membuatku belajar dari sana terutama tentang bahasa cinta. Bisa jadi kita memperlakukan orang lain dengan apa yang kita inginkan, tetapi orang lain tak merasa di sayang. Begitu pula sebaliknya. 

Itu terjadi karena bahasa cinta yang berbeda, sehingga kita merasa sudah mengungkapkan kasih sayang tapi tak bisa dirasakan orang lain. Lalu apa saja si bahasa cinta itu?

1. Words of Affirmation 

Tipe seseorang yang akan merasa disayang jika kita mengatakan hal baik, seperti pujian, apresiasi, atau kata-kata yang menunjukkan perhatian kita. Bahkan ungkapan terima kasih ketika telah membantu mengerjakan sesuatu itu bisa menjadikan dirinya merasa sangat disayang.

Seseorang dengan tipe ini sangat membutuhkan kata-kata yang menunjukkan bahwa kita sayang padanya. Walaupun sebenarnya tanpa diungkapkan terkadang dapat dilihat dari tindakan, hal itu tak cukup bagi tipe ini. Jadi semakin sering kita mengatakan hal yang membuat dia merasa disayang atau kata-kata pujian, akan memenuhi lumbung cintanya. Tak ada pikiran jika tak lagi disayang.

2. Quality Time

Tak harus melulu pergi berlibur bersama, seseorang tipe ini hanya membutuhkan waktu berdua. Tanpa ada yang mengganggu ataupun gangguan dari gadget. Seseorang dengan tipe ini sangat menghargai waktu ketika berdua sehingga akan merasa disayang saat sekedar mengobrol berdua.

Tipe ini akan sangat benci jika orang yang sedang bersamanya malah sibuk sendiri untuk bermain gadget. Padahal waktu berdua seharusnya dihabiskan untuk mengobrol, bercanda, atau tertawa bersama. Akan sangat menyenangkan jika bisa saling berbagi cerita agar lebih tau satu sama lain dan merasa lebih dekat.

3. Receiving Gifts

Memberikan hadiah terkadang cara untuk mengungkapkan perhatian. Tipe ini pun sangat senang jika mendapatkan hadiah. Tak harus yang mahal tetapi hadiah kecil sudah membuatnya senang. Apalagi jika itu hadiah yang sedang dibutuhkannya. Atau sekedar memberikan makanan kesukaannya.

Jika biasanya memberikan hadiah di waktu-waktu khusus tertentu. Tipe ini tak harus ada waktu spesial tetapi kejutan-kejutan dari seseorang dengan memberi hadiah akan membuatnya merasa spesial. Jadi memang harus pintar-pintar mengetahui barang yang dibutuhkannya walaupun itu hanya hal sepele.

4. Acts of Service

Tak membutuhkan kata-kata romantis nan gombal, tipe ini hanya perlu tindakan nyata. Perlakukan-perlakuan yang membuatnya merasa dicintai. Dari hal yang mungkin terkesan sepele akan membuat tipe ini dicintai seseorang.

Sekedar membukakan pintu atau mengambilkan minuman, itu akan membuatnya merasa diberikan perhatian. Apalagi jika sampai diantar-jemput ketika pergi ke suatu tempat. Pokoknya dia hanya bukti suatu tindakan yang bisa dilihat dan dirasakan, buka sekedar kata-kata saja.

5. Physical Touch

Jangan berpikiran buruk dulu tentang tipe ini. Tipe ini hanya senang jika bisa dekat dengan orang yang tersayang, apalagi jika bisa bergandengan tangan dan dipeluk dengan tulus. Ketika pergi berdua maka akan merasa dicintai jika tangan digandeng. Atau dipeluk dan cium sebelum pergi.

Ketika menikah mungkin perlu mengetahui 5 bahasa cinta ini. Cara agar bisa mengungkapkan kasih sayang dengan benar. Sehingga bisa meminimalisir konflik. Lalu menurut kalian, apa si bahasa cinta kalian?
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

1 komentar

  1. Informasinya sangat bagus dan bikin wawasan tentang keharmonisan pasangan makin tambah

    BalasHapus

Posting Komentar