Jejak Tulisan Kaki Kecil

Rahasia Doa Agar Dikabulkan

11 komentar
Pernah suatu kali, ada seorang teman yang bertanya "gimana ya biar doa dikabulkan?" Aku terdiam saat membaca pesan tersebut. Lalu teringat sebuah nasihat dari seorang ustadz, saat ada pertanyaan serupa dari peserta kajian. Ada beberapa kemungkinan, Allah ingin melihat seberapa sabar kita akan berdoa dan berharap pada Allah hingga nantinya doa tersebut dikabulkan. Bisa jadi doa tersebut sebagai penghalang hal-hal negatif atau buruk yang akan terjadi pada kita, semisal kita seharusnya tertimpa hal yang tidak menyenangkan tetapi karena berdoa meminta sesuatu, maka hal tersebut sebagai penghalang. Atau bisa jadi Allah sedang menyiapkan sesuatu yang lebih baik sehingga menunda untuk mengabulkan doa kita.

Jadi bersuudzonnya kepada Allah, jangan malah terus meragukan, kok belum dikabulkan atau kayaknya gak akan dikabulkan. Selama masih sesuai dengan fitrah manusia (bukan minta punya sayap macam burung atau punya insang macam ikan) tetapi misal ingin jadi ilmuan, ingin jadi presiden, ingin jadi pengusaha atau hal-hal luar biasa lainnya yang tentunya bisa bermanfaat bagi orang lain, maka berharaplah dan berdoa kepada Allah. Agar apa yang kita inginkan dapat dipermudah dan dibantu oleh Allah walaupun tidak terjadi seketika tapi tetap memerlukan proses. Karena setiap orang-orang yang luar biasa pastinya perlu proses dan selalu menyertakan Allah di dalam setiap prosesnya tersebut. Sehingga akan terasa ringan bukan beban.

Yang sering orang lupakan, minta tapi masih suka berbuat dosa atau maksiat. Ya memang si wajar namanya manusia (selalu gitu alasannya). Padahal seharusnya kita sekuat tenaga untuk menjauhi apa yang Allah tidak sukai, kenapa? Ya misal kita dimintai sesuatu sama seseorang, tapi kita nggak suka sama tingkah lakunya, pasti mikir-mikir kan? Jadi setiap berdoa atau meminta sama Allah, coba bayangkan jika ada seseorang yang meminta sesuatu pada kita. Pastinya kadang kita liat background orangnya atau tracktrecordnya, kalo bagus pasti kita dengan mudah ngasih kalo enggak? Ya pikir-pikir laaah. 

Yang pasti semoga Allah ngasihnya ridho dengan apa yang kita minta. Bisa saja Allah mewujudkan apa yang kita minta tapi nggak ridho, emang bisa? Ya bisa aja. Macam kita ngasih ke tukang parkir pasti ada yang ngasihnya ikhlas ada yang enggak kan? Ya mungkin seperti itulah yang terjadi pada kita ketika kita minta sesuatu pada Allah.

Doa dikabulkan bukan berarti menentukan siapa yang paling beriman, siapa yang paling benar, hanya saja bagaimana kita ikhlas dan terus berharap pada Allah dengan apapun jawaban yang Allah berikan dari doa yang selalu kita panjatkan. Jangan pernah lelah menggantungkan segala harapan kepada Allah, karena Allah tidak akan mengkhianati hamba-Nya.

Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

There is no other posts in this category.

11 komentar

  1. Setuju banget mba,kita harus selalu berkhusnudzon sama Allah, thanks remindernya mba 😊

    BalasHapus
  2. 👍 karena Allah selalu tahu yg terbaik buat kita. Kita hanya perlu bersabar dgn sabar yg sebenarnya 😊

    BalasHapus
  3. bener banget mba,
    kunci utamanya husnudzon kpd Allah,
    dan yakin bahwa Allah akan memberi yang terbaik diwaktu yg baik

    BalasHapus
  4. self reminder nih, makasih mba sudah diingatkan :)

    BalasHapus
  5. Takdir Allah selalu baik bagi hambanya. Jazakillah mba🙏😍

    BalasHapus
  6. Semoga pe er ini bisa selalu istiqomah di praktikkan

    BalasHapus
  7. setuju banget mengenai terkabulnya doa, semoga menjadi orang-orang yg senantiasa terus berdoa kepada Allah

    BalasHapus
  8. Maaf mba, itu kata2nya kok "Jadi bersuudzonnya kepada Allah," ya? Maaf klo saya yg salah nangkap bacanya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba gpp, mungkin penyampaian saya saja yang masih salah. Jadi saya pernah baca status orang tentang pengibaratan tentang tukang parkir itu mba. Dan baru kemarin2 dapat ilmu baru tentang hakikat rezeki manusia, jadi ada yang umum dan khusus mba. Dilihat mana rezeki yang memang semakin mendekatkan kita pada Allah dan Allah ridho dengan rezeki tersebut.

      Hapus

Posting Komentar