jejak tulisan si kaki kecil

5+ Psikolog Online Gratis untuk Menjaga Kesehatan Mental

Konten [Tampil]
Pernah gak si cari psikologi online gratis? Di masa pandemi seperti ini tentu layanan konsultasi online bisa menjadi pilihan. Pandemi bukan halangan kalian bertemu dengan psikolog.

Apalagi tingginya tingkat keresahan masyarakat di masa pandemi semakin tinggi. Mereka yang memiliki kepribadian ekstrover tentu merasakan jenuhnya melakukan kegiatan di rumah saja.

6 Psikolog Online Gratis hingga Berbayar

Pengalamanku yang pernah kesulitan mencarinya membuatku ini berbagi tentang layanan konsultasi online ini. Jujur malu si kalau nanya ke teman dekat, takut dikira kenapa-kenapa, walauapun sebenarnya emang lagi kenapa-kenapa.

Bukan berarti gak punya teman atau gak curhat sama Allah. Rasanya tuh pengen curhat bebas aja sama orang asing atau profesional. Biar bisa plong. Alasan overthinking dan gak berani datang ke layanan offline membuatku pernah mencoba layanan online.

Inilah 6 layanan konsultasi dengan psikolog yang bisa menjadi pilihan. Bebas curhat tentang apa saja.

1. TanyaPsikologi

TanyaPsikologi adalah salah satu platform yang fokus pada kesehatan mental. Berdiri pada 3 Desember 2017 dengan taglineSave Your Mental Health”. Mulai banyaknya masyarakat yang sadar akan kesehatan mental menjadi alasan adanya TanyaPsikologi.

TanyaPsikologi bisa menjadi pilihan untuk tempat berbagi cerita mulai dari teman, keluarga, karir, cinta, atau masalah yang berkaitan dengan kegelisahan kalian. Adanya layanan gratis tentu bisa menjadi pilihan untuk kalian yang tidak memiliki budget yang banyak. Layanan gratis ini dulunya dilakukan via line. Seiring berkembangnya jaman, layanan live chat berpindah ke website TanyaPsikologi dan tentu tetap gratis.

Sedangkan untuk kalian yang ingin bertatap muka dengan psikolog, kalian bisa memilih layanan video call. Layanan ini memang berbayar tetapi kita bisa memilih sesuai dengan budget kita.

2. Riliv

Riliv bisa menjadi pilihan aplikasi masalah psikologis. Riliv menyediakan layanan konsultasi online melalui text, call, atau video sesuai dengan kebutuhan. Bahkan jika kita tak ingin diketahui identitasnya, Riliv bisa membuat kita menjadi anonim.

Untuk kalian yang membutuhkan tempat cerita tentang masalah hubungan, pekerjaan, atau pengembangan diri, kalian bisa mencari psikolog profesional berlisensi di Riliv. Jika ingin melakukan konsultasi kalian perlu menyiapkan budget sesuai kebutuhan mulai dari 100rb hingga 900rb per paket.

3. Psikologimu

Aplikasi psikolog online lainnya yang bisa dipilih adalah psikologimu. Psikologimu akan menghubungkan kalian dengan psikolog profesional. Tentunya layanan psikologi ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja sesuai dengan pilihan kalian.

Layanan konsultasi di psikologimu dilakukan secara text atau video terkait asmara, pendidikan, urusan kantor, hingga masalah pribadi. Layanan ini berbayar tetapi tenang saja biaya konsultasi ini cukup terjangkau. Sehingga kita tak perlu takut dengan biaya konsultasi yang tinggi. Dan tentu saja segala hal yang kalian ceritakan akan dijaga kerahasiaannya.

4. Temanbincang.id

Hadir sejak februari 2020, temanbincang.id menyediakan teman untuk berbincang secara online mengenai kehidupan. Temanbincang.id fokus pada kesehatan mental dan berusahan mengedukasi agar masyarakat lebih aware tentang kesehatan mental.

Yang menarik dari temanbincang.id adalah layanan konsultasinya yang gratis. Layanan gratis ini dilakukan melalui chat line selama 60 menit setiap sesinya. Jika kalian ingin melakukan konsultasi melalui video call hanya perlu menyiapkan uang 100rb untuk setiap sesinya.

5. Bagi Kata

Bagi kata akan membantu kalian menemukan konselor yang berpengalaman dengan kesehatan mental. Kamu bisa bebas bercerita dengan konselor pilihan dan bisa juga memilih anonim. Jadi tak ada lagi kesulitan bagi kalian yang membutuhkan pertolongan pertama dalam kesehatan mental.

Bagi kata memberikan beberapa pilihan konsultasi. Mulai dari konsultasi gratis dengan konselor melalui line atau website. Hingga konsultasi berbayar dengan psikolog melalui chat atau video. Konsultasi berbayar akan dilakukan selama 60 menit dengan membuat janji terlebih dahulu. Biaya yang dibutuhkan mulai dari 79rb hingga 149rb setiap sesinya.

6. Yayasan Pulih

Yayasan pulih adalah lembaga non profit yang didirikan untuk memenuhi layanan psikologi dengan harga terjangkau. Yayasan putih didirikan dengan basis masyarakat. Lembaga ini juga fokus pada kekerasan pada perempuan dan kesetaraan gender.

Yayasan pulih menyediakan konsultasi gratis melalui form yang disediakan. Di sana kalian bisa menceritakan masalah kalian agar bisa dipahami oleh konselor. Jawaban akan dikirim dalam bentuk email dalam 1-2 minggu sesuai dengan kuota mingguan.

Dari hasil konsultasi via email, kita bisa melanjutkan konsultasi via videocall jika dibutuhkan. Konsultasi via video call berlangsung selama 60 menit dengan tarif 150rb setiap sesinya.

Penutup

Melakukan konsultasi tentang kesehatan mental tuh bukan hal yang tabu atau malu-maluin. Kaya judul drama It's Okay to Not Be Okay, kita boleh kok mengatakan jika kita lagi nggak baik-baik aja. Jadi kalau emang butuh bantuan profesional ya nggak apa-apa. Bukan berarti kita nggak bersyukur atau nggak dekat sama Allah.

Jika masih merasa takut untuk konsultasi tatap muka, kalian bisa memilih konsultasi psikolog online gratis. Jangan ditahan-tahan deh, takut meledak nantinya. Bahaya kan?
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

Posting Komentar