Jejak Tulisan Kaki Kecil

Gisel trending, status janda rentan diperbincangkan netijen

32 komentar
Gisel Trending

Berita tentang Gisel trending di twitter dan google mengalahkan berita tentang pemilu Amerika dan juga berita tentang bola. Sejak menyandang status janda, Gisella Anastasia cukup menyita perhatian publik. Beberapa kali namanya atau Gempi muncul ditrending topik dan menjadi perbincangan para netijen.

Gisel trending di twitter

Nama Gisel yang trending ditwitter membuat orang bertanya-tanya, alasan kenapa namanya muncul di trending nomor 1. Ternyata video mirip dengan dirinya kembali muncul. Sehingga banyak yang membicarakan hingga muncul kembali #kasiangempi.

Berita viral Gisel 

Mantan istri Gading Marten sering kali menjadi topik perbincangan netijen. Hal tersebut hampir selalu diikuti dengan #kasiangempi. Entah mengapa, sejak kasus perceraian Gisel dan Gading membuat muncul #kasiangempi. Sering kali muncul #kasiangempi ketika Gisel dianggap melakukan sesuatu yang tidak sepantasnya oleh netijen. 

1. Gading dan Gisel berpisah

Keluarga yang dianggap baik-baik di media sosial melalui mata para netijen seolah menjadi bencana yang paling buruk. Padahal belum tentu apa yang dipikiran netijen benar. Walaupun resmi berpisah, Gisel dan Gading tetap mendidik Gempi dengan baik. 

Perceraian

Keputusan perpisahan tersebut dianggap yang terbaik bagi Gisel dan Gading. Bahkan dalam islam perceraian diperbolehkan. Selama menjadi jalan terakhir ketika tak ada solusi dan pernikahan tak bisa lagi mendatangkan ketenangan bagi keduanya. 

"Talaq (yang dapat dirujuki) dua kali. Setelah itu boleh rujuk lagi dengan cara yang ma'ruf atau menceraikan dengan cara yang baik." 
(Al Baqarah : 229)

Jadi kenapa harus kasian Gempi? Yang aku tau, perceraian Gisel dan Gading termasuk baik-baik saja. Tak ada perebutan hak asuh anak ataupun harta gono gini. Selain itu, Gempi pun masih dapat merasakan kasih sayang dari Gisel maupun Gading.

2. Gisel dan Wijin

Kedekatan Gisel dan Wijin mengundang komentar negatif dari netijen. Mulai dari awal kedekatannya yang diduga sebagai alasan retaknya rumah tangga Gisel dan Gading. Hingga hubungannya yang diposting di media sosial selalu mendapat komentar negatif dari netijen. Seolah para netijen masih mengharapkan kembali utuhnya rumah tangganya dengan Gading.

3. Video mirip Gisel

Munculnya video mirip mantan istri Gading tersebut, membuat #kasiangempi muncul kembali. Tapi kenapa harus kasian dengan Gempi? Apakah benar perempuan yang ada di video tersebut Gisel atau hanya sekedar mirip? 

Mama Gempi tersebut sudah mengalami kejadian tersebut 2 kali dan melaporkannya pada pihak berwajib. Entah dengan tujuan apa orang menyebarkannya lalu membuatnya viral. Ingin menjatuhkan nama baik mantan istri Gading atau malah cara agar nama Gisel tenar di dunia entertainment. 

Para netijen memviralkan kembali #kasiangempi saat video yang diduga Gisel muncul di dunia maya. Jika memang kasian dengan Gempi, jangan hanya sekedar membuat tagar tapi juga tindakan. Dalam islam kita wajib menutup aib seseorang. Sehingga sudar sewajarnya kita menghentikan menyebarkan video viral yang tak berfaedah.

“Barangsiapa melepaskan kesusahan seorang muslim dari kesusahan dunia, Allah akan melepaskan kesusahannya pada hari kiamat. Barangsiapa memudahkan orang yang susah, Allah akan mudahkan urusannya di dunia dan akhirat. Barangsiapa menutupi aib seorang, Allah akan menutupi aibnya di dunia dan akhirat. Allah akan senantiasa menolong hamba-Nya selama ia menolong saudaranya.” 
(HR. Muslim)

Cocoklogi Ala Netijen 

Munculnya video Gisel tersebut membuat para netijen melakukan cocoklogi dengan jejak digital yang ada di instagram pribadi milik Gisel dan temannya. Mulai dari baju, horden, hingga tato menjadi sasaran para netijen untuk melakukan cocoklogi. 

Entah untuk apa manfaat cocologi tersebut, tetapi setiap kali ada berita viral tentang artis, pasti ada saja netijen yang mencoba melakukan cocologi. Cocoklogi tersebut untuk meyakinkan jika berita yang viral tersebut memang tertuju pada artis tersebut, bukan hanya sekedar mirip.

Stigma janda di mata masyarakat

Mama Gempi tersebut cukup ramai dibicarakan netijen sejak menyandang status janda. Entah hal apapun yang dilakukan hampir selalu mendapat komentar negatif dari netijen. Atau memang stigma negatif janda di mata masyarakat berkaitan dengan hal tersebut?

1. Status janda lebih rentan dibanding duda

Dimata masyarakat status janda lebih rentan terhadap godaan dibandingkan duda. Perempuan yang menyandang status janda lebih banyak mendapat godaan laki-laki karena dianggap butuh sentuhan kasih sayang. Dibandingkan laki-laki yang menyandang status duda dianggap lebih mandiri.

2. Janda dianggap memiliki beban yang berat

Ketika menikah perempuan dianggap bergantung pada laki-laki dari segi finansial. Sehingga ketika menyandang status janda akan menjadi beban yang berat. Tapi tidak semua perempuan yang menyandang status janda akan kesulitan finansial, salah satu contoh yang membuatku salut adalah Ala Alatas, yang bisa membesarkan ketika anaknya dengan baik.

Ketahanan Finansial
 

Di jaman sekarang, banyak perempuan yang mengedukasi walaupun hanya menjadi ibu rumah tangga, minimal bisa mengelola uang. Atau tetap menjadi perempuan yang produktif ketika sudah menyandang status sebagai istri dan juga ibu. Sehingga ketika Allah menakdirkan bercerai dengan suami baik hidup maupun mati, bisa tetap memiliki ketahanan finansial.

Perempuan dalam pandangan islam

Dalam islam, perempuan sangat istimewakan, bahkan menjadi nama sebuah surat dalam Al Quran. Selain itu, kata "ibu" dalam hadist pun disebut 3 kali dalam urutan pertama sebelum akhirnya muncul kata ayah. Lalu bagaimana islam menjaga hak-hak perempuan ketika menjadi janda?

1. Dijamin nafkahnya

Dalam islam, perempuan dijamin nafkahnya oleh suami ketika menikah. Ketika suami tidak mampu maka keluarganya harus menanggungnya bahkan ketika keluarganya tidak mampu, negara yang menanggungnya untuk memenuhi kebutuhan pokok. 
Jadi ketika seorang perempuan menyandang status sebagai seorang janda, seharusnya tak perlu mengkhawatirkan masalah finansial jika sesuai dengan kaidah islam. Akan tetap ada yang menanggung perempuan tersebut dalam hal kebutuhan pokok disamping perempuan itu berusaha sendiri untuk memenuhinya.

2. Dianjurkan menikah lagi

Sebuah pertanyaan yang pernah aku layangkan kepada temanku yang sudah menikah, "gimana si rasanya menikah?" Temanku mengatakan sejak menikah, seolah hadir ketenangan jiwa. Rasa yang mungkin tak bisa didapatkan ketika hanya menjalin hubungan dengan status pacar.

Pernah dalam pembahasan materi bengkel diri, ada yang menanyakan apakah sebaiknya perempuan menikah kembali atau tidak. Ustadzah pun menjelaskan jika seorang perempuan berstatus janda, dianjurkan kembali unuk menikah. Karena lebih mudah menghadapi godaan syaitan ketika berdua dibanding sendiri. Tapi jika tidak memilih tidak menikah lagi pun diperbolehkan. Hal itu juga tak mengurangi tidak ketaqwaan karena dapat menjaga kehormataan dirinya dan juga keluarganya.

Jadi apakah berita Gisel trending berhubungan dengan statusnya sebagai janda? Status yang rentan diperbincangkan oleh netijen dan menjadikan stigma negatif dimata masyarakat.
Zakia Widayanti
Seorang yang mengaku introver dan menjadikan tulisan sebagai jalan ninja agar tetap waras. Tulisan adalah caraku menyampaikan keresahan dan kegelisahan. Terkadang semakin banyak menulis bisa jadi tanda jika aku sedang galau atau sedih atau mungkin banyak deadline :)

Related Posts

32 komentar

  1. Waaah... Kereeeen ulasannya inii... Emang dimana2 janda selalu diomongin ya mbaak.. apapun yg dilakuin selalu dikomentarin..wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mba, iya mba kadang janda jadi omongan orang

      Hapus
  2. Oh jadi GA itu Mbaknya ini, baca ini mengedukasi banget kak. Orang orang mungkin hanya selesai membahas aib mbaknya itu, tapi disini juga ada sentuhan ilmu. Seharusnya akun akun gosip itu juga begini. Mengambil ibrah dalam setiap kasus yg viral.
    Baarakallah ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kalau akun gosip bikin kaya gini, namanya jadi berubah mba jadi akun nasihat hehe

      Hapus
  3. Keren mbak. Stereotype nya janda tuh emng begitu ya, seolah-olah menjadi janda adalah aib

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah dapat ilmu baru di sini. Jazakillahu khayran, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waiyyaki mba, alhamdulillah kalau ada manfaat yang bisa diambil mba

      Hapus
  5. Asik banget ini mah, mengambil sudut pandang positif dari berita yang cenderung negatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mba, kalau tulisannya negatif takut jadi akun gosip mba

      Hapus
  6. Benar jadi janda memang rentan, apalagi di masyakarat kita... Karena harga diri seorang perempuan itu terletak di suaminya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya mba, kalau udah nikah, ada suami yang menjaga dan mendidik istrinya

      Hapus
  7. Keren mba selalu update 😍😍

    BalasHapus
  8. Jadi perempuan memang harus kuat dan pintar dalam finansial ya. Biar ketika sesuatu terjadi tidak membuat kita berat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih mba, jangan jadi istri yang terima beres aja. Gatau soal keuangan keluarga.

      Hapus
  9. Janda yang dijadikan omongan biasanya yang good looking :D

    BalasHapus
  10. Keren ulasannya Mba. Bisa mengambil sudut pandang berbeda dari hal yang lagi viral

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah terima kasih mba, biar gak dikira akun gosip soalnya hehe

      Hapus
  11. Di masyarakat kita janda masih menjadi stigma yang negatif, padahal tidak sepenuhnya perempuan yang memutuskan bercerai atas keinginannya semata, tapi ada pertimbangan" lain dimana pilihan bercerai adalah yang terbaik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, kadang masyarakat cuma nebak aja padahal gatau alasan sebenarnya

      Hapus
  12. keren banget isinya.. sudut pandang islam dalam pernikahan dan perceraian hingga hak finansialnya memang lengkap..semoga hukum islam kembali tegak, sehingga tidak ada stigma negatif thp perempuan dan mengembalikan kemuliaan perempuan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, padahal Islam sudah mengatur tentang kehidupan manusia dari lahir hingga mati

      Hapus
  13. masya allah, keren mbak bisa menulis kisah ini dari sudut pandang yang lain 💛

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mba, mencoba menulis bukan cuma dari sudut pandang akun gossip aku mba hehe

      Hapus
  14. Ya ya stigma negatif tentang status janda yang sulit diubah, seolah memang status janda adalah suatu aib, sehingga banyak wanita yang memilih "bertahan" dalam kehancuran dibanding harus menjanda.. Mgkin mindset ini yg hrs diubah ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, kadang perempuan jadi takut nantinya bakal diperbincangkan banyak orang

      Hapus
  15. Keren Masyaa Allah .. Kebanyakan netizen maha benar ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba, netijen padahal gak tahu kehidupan seseorang 24 jam tuh kaya apa

      Hapus
  16. Masya Allah, smoga tukisan ini bsa membuka pikiran netijen ya mba

    BalasHapus

Posting Komentar